Perenang muda Indonesia Fidelya Meisya Al-Gozaly berhasil menorehkan catatan manis di cabang olahraga renang internasional yang dipertandingkan di Summer Junior Olympics Amerika Serikat.

Fidelya berhasil telah mencatatkan rekor baru nasional (rekornas) kelompok usia (KU) IV pada kejuaraan Summer Junior Olympics Amerika Serikat yang dihelat oleh Pacific Swimming di Stadion Baler Aquatic Centre, Hollister, California, 8-10 Juli 2022.

Fidel yang masih berusia 11 tahun ini memecahkan rekornas renang nomor 100 meter gaya bebas putri dengan catatan waktu 01:02.76 detik, sekaligus meraih medali emas di kategori itu.

Catatan barunya mengungguli rekor nasional lama yang diciptakan perenang Luh Made Budiartini Bandem di Yogyakarta pada 26 Oktober 2018 yakni 01:02.83 detik.

Selain mencatatkan rekornas dan menyabet emas 100 meter gaya bebas putri, Fidel juga membukukan banyak best times baru. Ia berhasil memboyong dua medali emas lainnya pada cabang 50 meter dan 100 meter kupu.

Selain itu, Fidel sukses meraih 3 medali perak pada kategori 50 meter dan 200 meter bebas, serta 200 meter gaya ganti (individual medley/IM).

Dalam waktu dekat, bersama perenang lainnya yang tergabung dalam All-Star Team, Fidel akan mewakili negara bagian California pada kejuaraan 2022 Western Zone Age Group All-Stars Championship, yang akan diselenggarakan di Elk Grove Aquatic Center, California, 3-6 Agustus mendatang.

Dalam kejuaraan renang bergengsi tahunan itu, Fidelya akan bersaing dengan ratusan perenang muda All-Stars lainnya dari beberapa wilayah negara bagian. Di antaranya Pantai Barat Amerika Serikat, termasuk Alaska, Arizona, California, Colorado, Hawai, Idaho, Montana, Nevada, New Mexico, Oregon, Utah, Washington, Wyoming.

Perenang Terbaik IOSC

Perenang putri kelahiran 2011 ini dari kecil terlihat sangat menyukai renang. Sejak tinggal di Belanda, orang tuanya mendaftarkan Fidel pada salah satu klub renang di Den Haag dan mulai menekuni latihan renang bahkan ikut dalam beberapa kejuaraan renang minioren-juniorense-Belanda saat itu.

Fidelya Meisya Al-Gozaly  pernah menjadi “Perenang Terbaik”(Eksibisi) dalam kelompok usianya (Group 4). Ia menyabet lima medali dari lima cabang nomor yang di Indonesia Open Swimming Championship (IOSC) 2021 di Stadion Akuatik GBK, Jakarta (9-12 Desember).

Fidelya, berhasil meraih tiga emas untuk kategori 50 meter, 100 meter, dan 200 meter bebas putri. Ia juga mendapat dua perak untuk kategori 100 meter kupu-kupu dan 200 meter gaya ganti. Pada hari terakhir, Fidel memperoleh personal best time 50 meter bebas putri dengan waktu 29:64 detik.

Pelajar kelas 6 SDN Kalimulya 1 Depok ini pernah memborong lima medali emas sebagai peraih emas terbanyak di kelompok usianya, pada kejuaraan Jakarta Open New Concept Swimming Championship pada 1-3 September .