Wellesley, 16 November 2019 – Lapangan Indoor di Webster Center, Babson College hari ini dipadati oleh puluhan mahasiswa Indonesia dari berbagai kota di Amerika Serikat untuk bertanding di turnamen Indonesian Ambassador’s Cup (IAC) 2019. Sepuluh tim untuk pertandingan basket dan sepak bola serta puluhan penonton dari berbagai Universitas di Boston, Providence dan New York turut serta mensukseskan turnamen ini.

IAC merupakan ajang turnamen tahunan yang diadakan untuk mahasiswa Indonesia di Massachusetts. Acara yang sebelumnya dinamai ‘Mass League’ beralih nama menjadi IAC 2019 setelah mendapatkan dukungan dari mantan duta besar Republik Indonesia di Amerika Serikat dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia yang berbasis di kota New York. Dalam pembukaan acara, Konsulat Jenderal Indonesia untuk New York, Arifi Saiman, mendoakan supaya acara berjalan lancar dan meminta para peserta untuk menjunjung sportifitas dalam tiap pertandingan di turnamen tersebut.

IAC menyuguhkan pertandingan olahraga futsal dan basket yang diselenggarakan setiap tahunnya sejak PERMIAS Massachusetts (Persatuan Mahasiswa Indonesia di Massachusetts) didirikan. IAC 2019 diikuti oleh 10 tim mahasiswa Indonesia dari berbagai universitas di Amerika Serikat dengan hadiah utama berupa piala Indonesian Ambassador dan total uang tunai senilai $1400 untuk seluruh pemenang. Turnamen ini tidak hanya mengobati rasa rindu mahasiswa Indonesia akan kejuaraan antar sekolah yang mereka rasakan di tanah air, tetapi juga mempererat tali persaudaraan antara masyarakat dan mahasiswa Indonesia yang bertanding di dalam turnamen ini. Para penonton sangat antusias mendukung tim jagoan mereka dengan teriakan yang histeris. Panitia pun menghadirkan nuansa Indonesia dengan menyediakan berbagai macam hidangan khas Indonesia seperti lemper, panada, sate ayam, nasi dan bakso goreng yang tidak hanya disukai oleh mahasiswa asal Indonesia, tetapi juga para pelajar dan warga negara Amerika Serikat.

IAC 2019 kali ini tidak hanya dihadiri oleh peserta dari Massachusetts, tetapi juga dihadiri sejumlah tim dan peserta dari Los Angeles, Seattle, Rhode Island, New Hampshire dari New York City. Lancarnya turnamen serta hadirnya tim dari New York City terjadi berkat kolaborasi PERMIAS Massachusetts dengan PERMIAS New York City (NYC) yang ikut serta membantu penyelenggaraan acara dan mempromosikan perhelatan turnamen IAC tahun ini melalui akun sosial media PERMIAS NYC. “Ajang ini merupakan wadah untuk memupuk rasa persaudaraan serta mengembangkan potensi dan talenta para mahasiswa dalam bidang olahraga,” ujar Grace, Presiden dari Permias Massachusetts. “Kami berharap agar hubungan baik dan kolaborasi antara Permias Massachusetts, NYC, dan Permias cabang lain di Amerika Serikat bisa berkembang lebih luas dan kuat di masa yang akan datang,” tambah Grace.

IAC 2019 yang dimulai dari pukul 9 pagi menyuguhkan permainan dengan intensitas tinggi; tim-tim yang bermain dalam pertandingan futsal dan bola basket di IAC 2019 saling mengejar skor dan berjibaku untuk mencapai final dan memenangkan piala serta hadiah yang sudah dipersiapkan oleh PERMIAS Massachusetts dan NYC. Setelah dipertontonkan berbagai pertandingan sengit nan seru, turnamen pun akhirnya ditutup dengan ronde final, dimana tim futsal ‘Taco Tuesday’ yang diisi oleh mahasiswa dari Boston University serta tim basket ‘Babson’ yang diisi oleh mahasiswa dari Babson College berhasil keluar menjadi pemenang dalam ajang kejuaraan IAC 2019. Apresiasi pun turut ditujukan kepada para tim futsal Six-03 serta tim basket ‘Indomie’ yang berhasil meraih posisi runner-up dengan memberikan medali kepada kedua tim tersebut.

“Terima kasih dan apresiasi saya sampaikan untuk teman-teman dari PERMIAS Massachusetts dan PERMIAS NYC yang sudah bekerja keras dalam menyelenggarakan IAC 2019”, ujar Nelsens Yansah, Presiden dari PERMIAS NYC yang merupakan mahasiswa dari New York University (NYU). “Kami berharap sinergi positif sesama mahasiswa Indonesia di Massachusetts dan New York dapat terus terbina dengan baik dan bisa berlanjut ke acara-acara kolaborasi yang lebih besar di masa yang akan datang”, tambah Nelsens.

IAC 2019 didukung oleh Kedutaan Besar RI, Konsulat Jenderal RI New York, PERMIAS Massachusetts, PERMIAS NYC dan seluruh PERMIAS East Coast.