Lagi! Pianis Muda Jefri Setiawan asal Indonesia berhasil memecahkan rekor dunia bermain piano dengan mata tertutup. Pemecahan rekor bertajuk “Memorizing Songs in Squence Order, While Playing Piano Non stop for The Longest Time in The World” tersebut diselenggarakan pada Rabu (18/5/2022) Pukul 11.00 – 21.00 waktu Dubai, di KJRI Dubai.

Jefri memecahkan dua rekor Universal Rekor Forum (URF) dan The British World Record UK di KJRI Dubai Uni Emirat Arab pada tanggal 18 Mei 2022. Universal Record Forum kategori menghafal lagu dengan memainkan piano mata tertutup nonstop terlama di Dunia 6 jam dan The British World Record UK kategori menghafal 170 lagu berdasarkan urutan lagu tidak boleh terbalik dengan menggunakan piano mata tertutup.

Acara yang disiarkan secara live di YouTube KJRI Dubai dan UGTV dihadiri oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Konsul Jenderal Republik Indonesia di Dubai, Uni Emirat Arab Kartika Candra Negara, Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S. Margianti, dan Juri Rekor Dunia, Sarans Karattu Karappu.

“Tingkat kesulitannya dan mental benar-benar membutuhkan konsentrasi karena menghafal lagu berdasarkan urutan lagu tidak boleh terbalik dengan menutup mata. Alhamdulillah perjuangan, latihan selama tiga bulan bisa Jefri persembahkan kepada Indonesia khususnya DKI Jakarta dan Ibu Rektor Gunadarma, KJRI dan semua pihak yang membantu dan memberikan dukungan sampai Jefri ke Dubai,” tuturnya.

Dalam pemecahan rekor dunia ini, Jefri dibantu dua tokoh yang diakui profesionalnya di tingkat internasional, yaitu David Adamovich U.S President Record Holder Republik , Pemegang Guinness World Record dan Colonel Prof Dr N N Murthy.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo turut bangga atas prestasi Jefri Setiawan, musisi muda berbakat Indonesia berusia 16 tahun, yang sedang berjuang mengharumkan nama Indonesia dengan memecahkan rekor dunia memainkan piano dengan mata tertutup.

“Dari 170 lagu yang akan dimainkan, selain lagu-lagu populer di Indonesia dan dunia, Jefri juga akan membawakan lagu karyanya sendiri. Tidak lupa juga membawakan berbagai lagu nasional gubahan Ismail Marzuki, L. Manik, Kusbini, C. Simanjuntak, dan lain-lain. Mengisyaratkan bahwa di balik talenta yang luar biasa, ananda Jefri adalah sosok remaja yang membumi dan nasionalis,” ujar Bamsoet dalam sambutan virtualnya dari Jakarta.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Wakil Ketua Umum FKPPI ini menambahkan, kemampuan Jefri Setiawan memainkan piano dengan mata tertutup selama berjam-jam tanpa henti, adalah simbolisasi dari pesan moral yang penuh makna. Bahwa ketika kita tidak mampu melihat dunia di sekitar dengan mata terbuka, maka kita dapat mengasah mata batin untuk menghasilkan maha karya.

Sebelum memecahkan rekor ini, Jefri berhasil masuk dalam Museum Rekor Indonesia (Muri) pada tahun 2016, karena bermain piano dengan mata tertutup saat menyanyikan 25 lagu.

Jefri lalu memecahkan rekor dunia pada 2018. Saat itu anak muda ini bermain piano 120 lagu nonstop selama tiga jam di Akademie Fur Kunste (ASK) Berlin. Jefri melakukannya dengan mata yang ditutup oleh kain hitam. Dengan penampilannya tersebut, putra sulung pasangan Joko Manis dan Indah Setyoningsih langsung diberikan anugerah penghargaan rekor dunia Memorizing 100 songs while playing piano, blindfolded, in 3 hours nonstop oleh dewan juri.

Dua tahun kemudian, Jefri berhasil menorehkan rekor dunia pada awal Maret 2020 di New Delhi, India. Dia tadinya hendak memainkan 120 lagu dengan mata tertutup selama 10 jam nonstop. Namun, dewan juri menyetop Jefri saat memainkan 10 lagu karena dianggap sudah layak memecahkan rekor dunia.

Jefri juga berhasil memainkan 150 lagu dengan piano selama sekitar 3 jam 45 menit dengan mata tertutup. Sebanyak 150 lagu selesai lebih cepat daripada target yang ditentukan, yakni lima jam dengan mata tertutup di Universitas Yarsi, Jakarta. Rekor ini pun telah diakui dua lembaga, European Records Book, dan America Book of Records.