Mengawali tahun baru dibuka dengan semangat membuat resolusi yang ingin kita capai. Resolusi yang berkaitan dengan pekerjaan, dengan kehidupan rumah tangga, maupun karir yang akan dirintis. Sah-sah saja apapun resolusinya. Tapi jangan lupakan sesuatu di depan mata yang dapat kita jadikan resolusi. Nggak perlu muluk-muluk. Sederhana tapi yang tak kalah penting adalah membuat tahun baru menjadi lebih baik.

Foto: Natalya Zaritskaya

Memiliki Waktu Untuk yang Tersayang

Untuk yang sudah berkeluarga, bagaimana kalau sejak awal tahun mulai menyusun rencana untuk liburan. Mulai menentukan kapan bisa ambil cuti kerja. Saat liburan musim panas atau musim dingin sehingga bisa mengatur kesibukan jauh-jauh hari. Jika tahun lalu sibuk dengan pekerjaan, tahun ini cobalah mengatur waktu lebih banyak bersama yang tersayang. Bersama anak-anak, lebih sering mengunjungi ibu dan bapak, bersama pacar serta bersama sahabat. Luangkan waktu saat akhir pekan. Lebih sering makan malam di rumah. Nikmati momen yang menyenangkan bersama mereka.

Foto: Getty Images

Membersihkan Sambil Beramal

Agar tahun ini lebih betah di rumah, marilah kita menata ulang rumah kita. Tidak harus mengganti dengan perabotan baru yang memakan biaya. Cukup dengan memindah perabotan di sudut yang berbeda. Atau mengurangi perabotan dan dekorasi sehingga rumah tampak lebih luas dan rapi. Bila perlu mengganti atau mengecat ulang agar tampak lebih cerah. Membersihkan rumah, mengurangi perabotan, tapi janganlah dibuang. Kita dapat menyumbangkan perabotan kita ke satu tempat atau ke thrift store. Bisa juga menawarkan ke teman atau saudara kita yang membutuhkan. Rumah kita pun rapi dan perabotan atau barang yang tidak kita gunakan dapat bermanfaat bagi orang lain.

 

Foto: Bruno Nascimento

Sehat Jiwa Raga

Mengurangi berat badan selalu jadi resolusi ranking nomor satu tiap tahun. Tapi ironisnya di akhir tahun resolusi ini jadi resolusi yang kebanyakan tak tercapai. Karena niat yang pupus atau semangat mengendor untuk pergi ke tempat olahraga. Bagaimana kalau resolusinya adalah hidup sehat. Dengan begitu kita mengatur pola makan sehat dan menambah aktivitas olahraga dan turun berat badan pun jadi bonus. Olahraga pun tak harus gabung ke fitness center. Dengan bangun pagi dan rajin jalan atau jogging pun sudah membuat badan kita segar. Mengurangi naik lift dan memilih naik-turun tangga di kantor. Mengurangi fast food. Fokusnya pun lebih mencakup sehat luar dalam. Badan sehat, jiwa pun ikut sehat.

Foto: Maarten Van Den Heuvel

Menambah Aktivitas

Sekarang saatnya menambah atau mencoba aktivitas baru. Coba ingat sesuatu yang belum kesampaian untuk dicoba. Gabung kelas memasak? Mencoba merajut? Atau bahkan menulis buku? Saatnya diwujudkan di tahun ini. Dengan aktivitas yang baru akan membuat kita makin semangat mengisi tahun ini. Siapa tahu juga dengan suasana baru kita akan menemukan teman-teman yang baru. Bergaul dengan mereka yang memiliki kesamaan hobi.