Tak dipungkiri Paris adalah kota dengan sejuta pesona. Lanskap kota yang bersejarah, jantungnya fashion dunia sampai sajian kulinernya yang penuh rasa. Nah berbicara soal kuliner di Paris, jika sedang bepergian ke Paris tak ada salahnya jika melangkahkan kaki ke salah satu restoran Indonesia yang cukup melegenda ini. Kenapa? Karena rumah makan yang bernama Restoran Indonesia ini sudah berdiri sejak tahun 1980-an dan masih bertahan hingga sekarang.

Bisa dikatakan restoran yang berada di 12 Rue Vaugirard 75006, Paris, ini salah satu restoran bernuansa Indonesia pertama yang berdiri di Paris. Anita Sobron, pengurus Restoran Indonesia, mengatakan Restoran Indonesia didirikan oleh empat orang Prancis dan empat orang Indonesia pada tahun 1982. Waktu itu mereka adalah pelarian politik dari Indonesia yang tidak bisa kembali ke Indonesia sesudah kudeta tahun 1965.

“Di saat itu untuk mendapatkan kerja di Prancis sangat susah, karena tidak bisa bahasa dan juga umurnya juga sudah tidak muda jadinya dengan teman-teman mereka ada ide bikin restoran Indonesia di Paris,” kata Anita kepada KABARI.

Lebih lanjut Anita menceritakan, dalam mendirikan restoran ini, mereka dibantu oleh teman-teman Prancis mendirikan restoran Indonesia di Paris. Tujuannya memang untuk menghidupkan teman-teman pelarian politik (refugees politic) Indonesia di Prancis.

Di awal restoran ini berdiri, para pengurus terdahulu mulai membuat menu dengan banyak belajar dari restoran-restoran Belanda, jadinya restoran ini mengambil menu apa yang paling populer seperti Nasi Goreng, Rendang, Sate Ayam Opor, Gulai, Rawon dan lainnya.

“Banyak bumbu yang kami bisa dapat dari ke toko-toko Asia di Paris, tapi sebagian bumbu itu dari Belanda, misalnya kemiri kecap manis. Waktu kami buka hari yang pertama itu banyak wartawan datang ke restoran kami,” kata Anita.

Restoran Indonesia ini pun masuk koran yang terkenal di Prancis, Figaro. Tamu-tamu Prancis sangat suka makanan restoran ini. Dan karena restoran ini menyajikan masakan Indonesia dan yang pertama ada jadi mereka juga sangat ingin tahu apa itu makanan Indonesia.

“Waktu mulainya kami sajikan menu Rijsttafel dengan belasan makanan kecil, sekarang Rijsttafel disajikan enam macam makanan kecil,” tambahnya.

Sejak pembukaan sampai sekarang bisa dikatakan 90% tamu datang ke Restoran Indonesia adalah orang Prancis, Dan sampai sekarang mereka sangat suka makanan Restoran Indonesia.

“Selama 40 tahun kami banyak membarui menu kami, tetapi yang selalu ada itu Sate Ayam, Rendang Padang, Nasi Goreng, Mie goreng, Gulai Kambing dan Opor Ayam, Kolak Pisang, Dadar Gulung,” tutur Anita.

Selain menyajikan makanan, Restoran Indonesia setiap Sabtu juga menampilkan kesenian Indonesia seperti tarian, atau nyanyi dan terkadang eksposisi tentang kebudayaan Indonesia.

Nah, harapan Anita Restoran Indonesia dapat terus jalan dan lebih bagus lagi kedepannya. “Inilah misi visi kita untuk supaya orang Prancis melalui makanan mengenal kebudayaan Indonesia,” pungkasnya.