Kegiatan utama di La Maison De L’Indonesie atau Rumah Indonesia Paris salah satunya adalah mengadakan workshop bertematik dengan tujuan ingin memperkenalkan budaya dan tradisi Indonesia di Perancis. Dan salah satu workshop yang menarik minat banyak orang adalah Massage.

Bekerjasama dengan Balizen , sekolah massage Indonesia di Perancis yang didirikan oleh diaspora Indonesia Wuwun Hely, La Maison De L’Indonesie menggelar workshop massage ini sejak bulan Juni yang lalu semakin hari semakin banyak peserta yang mengikuti workshop massage ini.

Seperti yang dihelat pada Sabtu tanggal 3 Desember lalu, 13 peserta berpartisipasi di worksop reflexologie dan massage tubuh, dimana dari 13 peserta hanya 3 orang yang sudah mengunjungi Indonesia dan mayoritas bahkan belum pernah ke Indonesia. Setiap peserta mendapatkan sertifikat appresiasi dari La Maison De L’Indonesie dan Balizen yang membuat mereka bangga telah belajar massage Indonesia.

“Ini merupakan strategi yang sangat jitu untuk mempromosikan pariwisata Indonesia dan dengan kegiatan workshop ini, La Maison De L’Indonesie juga memperkenalkan, membudidayakan, dan menjadikan Wellness Indonesia terbaik di kancah internasional,” kata Eka Moncarre, Pendiri Rumah Indonesia Paris kepada KABARI.

Di tahun 2017, Indonesia pernah menjadi Honor Country di Pameran Wellness dan Spa di Paris dan membawa hasil yang luar biasa dalam meningkatkan pariwisata Indonesia. Indonesia mempunyai potensi yang besar di bidangĀ  Wellness baik untuk tourism, produk dan tradisi.

Oleh sebab itu La Maison De L’Indonesie (Rumah Indonesia Paris) terus memajukan dan melestarikan Massage dan Spa sebagai tradisi budaya Indonesia yang patut dikenal oleh dunia international. Dan semoga suatu hari massage Indonesia bisa diakui sebagai Heritage Budaya oleh UNESCO seperti Pencak Silat.