Selamat datang musim semi. Sampai jumpa lagi baju berlapis-lapis, alat pemanas dan salju. Karena hari pertama menandai awalnya musim semi adalah tanggal 20 Maret ini. Kini saatnya menikmati cuaca yang mulai hangat dan siang yang lebih lama.

Hari pertama musim semi disebut vernal equinox yang berarti equal night yaitu saat vernal (musim semi) dan autumnal (musim gugur) memiliki malam yang panjangnya hampir sama dengan siang. Musim ini merupakan transisi dari musim dingin ke musim panas dimana temperatur mulai naik dan menghangat.

Pollen

Seperti rima dari sebuah puisi pendek yang sering kita dengar, April showers bring May flowers, yang merupakan pengingat bahwa di saat musim semi, kita akan banyak mendapatkan hujan tapi dari hujan itu akan menumbuhkan banyak bunga-bunga. Disebutlah bulan April akan banyak hujan sehingga di bulan Mei bunga-bunga mulai bermekaran, pohon-pohon mulai menghijau kembali, dan siap-siap menikmati festival Cherry Blossom. Selain cherry blossom, bunga lainnya yang bermekaran saat musim semi adalah bunga daffodils, dandelion, lily, iris, lilac dan tulip.

Jika kita kemudian mendengar istilah Spring Fever, maka itu artinya timbulnya gejala fisik dan psikologis dalam tubuh yang terjadi dengan datangnya musim semi. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa tubuh kita mengalami peningkatan jumlah hormon yang diproduksi otak kita dan perubahan suhu karena peningkatan cahaya matahari. Maka tubuh kita akan merasa lebih berenergi. Orang-orang akan kembali melakukan aktivitas terutama outdoor, seperti berolahraga, piknik di taman, atau bermain-main di halaman. Tempat-tempat makan pun mulai membuka ruangan di luar untuk makan siang dan malam karena cuaca mulai hangat.

Ini juga saatnya Spring Cleaning!. Selama musim dingin tentunya jendela rumah selalu tertutup karena dingin dan kegiatan bersih-bersih nyaris berhenti. Kini saatnya mulai membuka jendela dan membersihkan rumah dari debu yang menumpuk. Membiarkan tiupan angin sejuk masuk ke dalam rumah. Aliran udara pun kembali segar. Suara kicau burung mulai ramai kita dengar karena setelah berimigrasi selama musim dingin, mereka kembali pulang.

Tapi hati-hati dengan alergi. Karena musim semi juga berarti musim pollen (serbuk sari). Dengan bunga yang bermekaran dan angin yang mulai bertiup maka serbuknya akan beterbangan kemana-mana. Banyak orang akan mulai sering bersin saat di luar. Bagi yang memiliki alergi, mulailah siapkan obat alami atau konsultasi dengan dokter agar aman dan nyaman menikmati musim semi.(foto:istimewa)