Hiking-Father-SonKabariNews – Musim gugur merupakan salah satu musim yang menjadi favorit orang-orang. Selain karena keindahan warna-warni daunnya juga cuacanya yang mulai sejuk. Tapi bagi sebagian orang, musim gugur juga menandakan tibanya waktu yang menyenangkan sekaligus sibuk memutar otak, ide dan tentu saja membuka tabungan. Apalagi kalau bukan karena memasuki musim gugur artinya memasuki bulan-bulan dengan hari libur dan perayaan besar seperti Halloween, Thanksgiving, Natal dan Tahun Baru yang memerlukan biaya lebih. Mengajak anak-anak untuk mengeluarkan ide dan kreativitas mereka merupakan hal yang menyenangkan bagi mereka. Inilah saatnya menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga.

Saat cuaca sedang sejuk begini, ajaklah anak-anak beraktivitas di luar rumah. Pergi ke farmer market, memetik apel, memilih dan belajar mendekorasi pumpkin serta halaman untuk memperingati musim gugur. Buatlah scarecrow atau hiasan lainnya yang diletakkan di halaman atau teras rumah. Ajaklah mereka dari mulai berbelanja memilih bahannya sampai membuatnya. Jika halaman penuh dengan daun-daun yang berguguran, mengajak anak membersihkan bersama juga merupakan kegiatan yang menyenangkan.

Saat akhir pekan, mengajak bersepeda, keliling naik kuda pony, atau hiking sambil menikmati pemandangan pepohonan yang berubah warna dapat menjadi alternatif lain. Berilah ide mereka untuk menggambar, belajar memotret, kemudian hasilnya dapat dibingkai atau dicetak untuk dijadikan kartu pos atau kartu ucapan yang dapat dikirim untuk guru, saudara, kakek dan nenek. Ini akan menjadi kenangan yang indah bagi mereka dan keluarga.

readingJika cuaca kurang menyenangkan, jangan biarkan mereka bosan di dalam rumah atau hanya berkutat dengan tabletnya. Kenapa tidak mengajak anak-anak membantu membuat apple atau pumpkin pie, atau resep lainnya yang mudah dan mereka sukai. Kue itu akan dapat kita nikmati seluruh keluarga atau mengundang kakek dan nenek untuk menikmatinya bersama. Selain berkutat di dapur, anak-anak juga dapat diajak berkreasi dengan kertas, kain dan bahan-bahan prakarya lainnya di ruang tengah. Misalnya membuat hiasan untuk merayakan Thanksgiving. Biarkan mereka mencari ide sendiri dari browsing internet atau majalah dan film anak-anak.

Saat malam hari, selesai makan malam, berkumpul bersama di kamar tidur dan membaca audiobook juga merupakan ide yang menarik. Pinjamlah audiobook dari perpustakaan tentang cerita klasik atau suatu cerita yang memiliki edukasi dan dapat kita bahas bersama. Katakan pada anak-anak bahwa setelah selesai mendengarkan cerita itu, mereka silakan bertanya apa yang membuat mereka penasaran tentang arti atau karakter tokohnya. Seandainya mereka gemar menggambar, berilah sehelai kertas dan alat tulis, biarkan mereka berimajinasi dan menggambar karakter tokohnya.

Kita juga dapat mengajak mereka beramal, memikirkan teman-teman sebaya yang tidak seberuntung mereka dalam merayakan hari-hari besar seperti Thanksgiving dan Natal. Membeli atau menyumbangkan mainan, baju, peralatan sekolah atau membuat kue merupakan hal yang dapat kita lakukan bersama. Selain itu juga kita dapat mengajarkan mereka berkarya membuat sesuatu dan kemudian dijual yang hasilnya dapat disumbangkan ke mereka yang membutuhkan. Mulai mengenalkan kegiatan volunteering juga dapat kita lakukan. Intinya adalah mengajarkan mereka untuk saling berbagi kebahagiaan dan saling mengasihi. (1004)

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?72357

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

 Hosana

 

 

 

 

Kabaristore150x100-3