Kabar gembira bagi pecinta angklung yang berada jauh di negeri orang atau siapa pun yang rindu mendengar alunan angklung. Untuk menikmati lantunan suara angklung, kini ada alat yang mampu memainkan angklung secara mekanis.

Berawal dari Kampus

Inovasi membanggakan ini lahir dari putra Indonesia, seorang Dosen Fisika ITB, Eko Mursito Budi bersama para mahasiswanya. Sistem robot ini dinamakan Klungbot. Ditilik dari namanya, Klungbot adalah paduan dari kata Angklung dan Robot. Sistem robot yang satu ini piawai memainkan angklung, alat musik tradisional kebanggaan Tanah Padjadjaran.

Dilihat dari tampilannya, Klungbot tak ubahnya sekumpulan angklung yang disusun berdasarkan nada. Bedanya, angklung-angklung ini dikendalikan oleh komputer. Untuk memainkan sebuah lagu, bisa langsung melalui program, bisa melalui keyboard MIDI atau dengan merespon gerakan.

Mampu Memainkan Aransemen Sulit

Klungbot ini dilengkapi seperangkat mikroprosesor dengan banyak motor dan lengan mekanis. Untuk 1 oktaf angklung dipegang oleh satu buah robot yang berlengan 12. Jadi, untuk membentuk 3 oktaf angklung diperlukan 3 buah robot.

Keseluruhan tim yang mengembangkan klungbot adalah Eko Mursito Budi, Krisna Diastama, Fariza Dian Prasetya, Sutriyana, Alvin Nurhadi, Bolo dan Sholeh Taryana. Pakar seniman angklung pun dilibatkan serta untuk kesempurnaan Klungbot. Asep Suhada yang merupakan seniman angklung tulen dari Bandung turut menyumbangkan saran untuk pengembangan robot unik ini. Klungbot sendiri telah berkembang beberapa versi dan yang terakhir adalah Klungbot versi 4 yang mampu memainkan aransemen sulit seperti Que Sera-Sera, New York hingga Winter Game.

Diapresiasi Berbagai Kalangan

Klungbot sendiri mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Beberapa penghargaan yang sudah diperoleh: medali perunggu dari International Robotic Olympiade di Jakarta, pemenang Indonesia ICT Award 2011, kategori Research & Development, dari Depkominfo dan masih ada beberapa penghargaan lagi.

Saat ini Klungbot sudah mendapatkan paten dan akan diproduksi untuk tujuan komersil. Penjelasan lebih lengkap bisa disimak di halaman www.klungbot.com. (1008)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?54763

Untuk melihat artikel Sana-Sini lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :