online-dating1

Beberapa tahun belakangan ini situs online dating mulai merebak. Iklannya bertebaran di media massa dan dikemas dengan sangat menarik. Semakin menarik iklan, dengan biaya pembuatan dan pembelian jam tayang yang tentunya tidak murah, dapat ditebak situs itu sukses menjaring anggota. Lalu apa yang membuat mereka tertarik dengan online dating sehingga membanjiri situs itu?

Mencari pasangan hidup adalah alasan masuk online dating. Menurut survei satu situs online dating, sebagian mencobanya, karena belum berhasil menemukan di dunia nyata padahal umur semakin bertambah saja. Sedangkan sebagian lagi, karena kesibukan kerja atau jam kerja yang tidak menentu membuat mereka tidak memiliki banyak waktu bersosialisasi dan bertemu orang baru. Situs online dating yang mereka pilih beragam, mulai dari free member sampai yang membayar anggota bulanan. Beberapa yang menjadi pilihan dan masuk survei sebagai situs online terbaik adalah eharmony.com, match.com, christianmingle.com, serta howaboutwe.com.

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat profil di dalam situs. Mengisi profil dengan jujur dan kalimat positif. Misalnya menulis menyukai pantai, penggemar berat The Beatles, itu lebih baik dari pada menulis benci kemacetan, nggak suka film horor atau anti musik rock. Jujur, bukan berarti mesti menulis lugas apa yang tidak suka. Menjadi orang yang terkesan penuh semangat dan ceria itu akan lebih menarik perhatian. Ketika memaparkan sesuatu yang negatif, pembaca akan menebak bahwa kita tipe yang tidak toleran.

Selain memperlihatkan sifat yang positif, buatlah username dan profil yang unik. Cukup singkat unik. Jangan sampai terkesan norak dan kekanak-kanakan. ‘Saya suka musik, menonton film dan baca buku’ merupakan satu contoh pembuka profil yang membosankan. Kenapa tidak menuliskannya dengan ‘Saya gemar traveling karena saya senang mengenal budaya yang baru dan bertemu dengan orang-orang baru. Ini membuat hidup saya lebih berwarna’. Dapat juga menuliskan secara jelas apa yang kita inginkan, seperti ‘Saya ingin bertemu cowok yang humoris antara umur 30-40 tahun. Karena saya suka traveling, tentunya cowok yang fun untuk pergi traveling bersama’. Jangan takut terkesan straight to the point, karena ini lebih baik dari pada menyortir dan menghabiskan waktu bertemu dengan orang-orang yang kurang pas dengan kriteria kita.

Seandainya header (pembuka profil) hanya dibatasi satu kalimat saja, usahakan berbeda dari profil lainnya. Misalnya, ‘_Hey traveler, let’s meet!_’ atau ‘Sungguh menyenangkan jika ada yang tertarik menemani saya menghabiskan malam dengan memandang keindahan bulan’. Secara tersirat kita sudah memberikan kriteria jelas dengan siapa kita ingin bertemu. Lebih baik kalau kita mengganti header beberapa kali dalam satu bulan. Misalnya, saat ini menuliskan kesukaan tentang pantai, seminggu kemudian tentang buku, selanjutnya tentang traveling, ini akan menarik perhatian orang-orang baru.

Yang perlu kita ingat adalah melindungi identitas diri saat online dating bahkan saat bertemu pertama kali. Jangan menuliskan nama lengkap dalam profil atau menyebutkannya saat bertemu. Karena dengan mengetahui nama lengkap, mereka mudah mencari alamat rumah, alamat kantor, telepon rumah dan indentitas lainnya. Pergunakan free email dan nomor telepon genggam untuk berkomunikasi lebih lanjut. Sekarang ini banyak disposable cellphone (nomor tanpa kontrak provider) yang dapat digunakan. Lebih aman lagi seandainya berkomunikasi dengan Skypee, Google Voice atau chat lainnya yang dapat dipakai untuk sms dan telepon tanpa memunculkan nama dan nomor telepon pribadi kita.

Jangan sungkan untuk memutus hubungan sebelum terlanjur jauh jika merasa tidak nyaman. Sekarang ini banyak penipuan yang mulai memasuki situs online dating bahkan media sosial. Agar lebih aman, carilah online dating yang membayar untuk jadi anggotanya. Bukan berarti terbebas seratus persen dari penipuan, tapi minimal lebih terpercaya dan dapat menghubungi administrasi jika ada yang mencurigakan sehingga profil penipu itu dapat diblokir.

Modus para penipu adalah, sesegera mungkin meminta alamat email pribadi bahkan nomor telepon. Kemudian cepat menyatakan suka, ingin hidup bersama, rajin menelepon, ingin mengirimkan hadiah atau ingin segera bertemu. Biasanya mereka tinggal jah di luar negeri. Lalu membuat alasan minta bantuan keuangan dengan janji akan dibayar setelah dia datang bertemu kita. Jangan langsung terpesona dengan cerita dan foto profil seseorang. Cermati cara mereka menulis email, apakah dengan bahasa yang benar, sopan dan selalu konsisten. Aneh bukan, jika dia berasal dari Inggris tapi berantakan bahasanya? Jika menemukan pria/wanita seperti ini, jangan ragu untuk tinggalkan. Ingatlah, bahwa mereka yang baik tidak akan memaksa minta uang atau apapun, apalagi belum pernah bertemu.

Lalu apa yang mesti kita lakukan saat mendapat ajakan bertemu pertama kali? Meski menurut kita, dia adalah pria/wanita yang baik, tapi tidak salah untuk waspada. Bertemulah di tempat yang ramai, seperti di kedai kopi atau rumah makan di dalam mal. Pastikan kita membawa kendaraan pribadi atau diantar teman atau anggota keluarga sehingga mereka juga tahu kapan dan di mana pertemuan itu. Jangan menerima tawaran dijemput atau diantar pulang, sebaiknya juga tidak perlu memberikan alamat rumah, nomor telepon rumah dan tempat kerja pada pertemuan pertama. (1004)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?62241

Untuk melihat artikel Sana-Sini lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________

Supported by :

intero
Kabaristore150x100-3