Bersepeda? Kenapa tidak. Selain menghemat karena tak perlu bensin, tak meninggalkan polusi, serta lebih sehat. Penggunaan sepeda di kota-kota besar di Amerika sedang digalakkan oleh pemerintah. Setelah sukses menggalakkan penduduk untuk menggunakan bis dan kereta sebagai alat transportasi dengan membenahi sistem dan kebersihannya, tiga tahun belakangan ini pemerintah mulai giat membangun ‘stasiun’ sepeda di kota-kota besar. Stasiun sepeda ini tak beratap, terdiri dari satu deret barisan sepeda dengan kunci masing-masing, terletak strategis di tengah kota. Stasiun yang ada di Washington DC dikelola oleh Capital Bikeshare.

Dengan adanya Capital Bikeshare ini, siapa pun bisa naik sepeda ke kantor atau kemana saja mereka mau. Tinggal datang ke stasiun, ambil sepeda dan menuju ke stasiun berikutnya yang dekat dengan tempat tujuan untuk mengembalikan sepeda itu. Praktis, tak perlu mikir akan diparkir di mana. Helm bawa sendiri. Kalau hanya sesekali pakai, bisa bayar langsung, tapi kalau rutin bisa menjadi pelanggan dan bayar biaya per tiga hari, bulanan atau tahunan. Cukup terjangkau, hanya dengan $75 per tahun, serasa memiliki sepeda sendiri selama 24 jam 365 hari. Stasiunnya mulai tersebar di Washington DC, Arlington dan Alexandria, Virginia.

Bersepeda merupakan salah satu kepedulian untuk menjaga kelestarian lingkungan. Tentunya masih ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga bumi. Mengurangi pemakaian mobil pribadi, membeli produk mobil atau barang-barang lain yang hemat energi. Dengan melakukan hal-hal yang kecil pun sangat berarti jika dilakukan oleh banyak orang. Tanpa disadari sudah menjadi hal yang besar dan sungguh bermanfaat.

Tolak Kantong Plastik

Bawalah reusable bag atau tas belanja sendiri saat berbelanja. Agar tidak repot dan lupa, selipkan tas belanja yang bisa dilipat ke dalam tas tangan kita. Jadi kemana pun kita belanja, sudah tersedia tempatnya, tanpa perlu mengambil kantong plastik dari mereka. Banyak grocery store di Amerika sudah menggunakan paperbag (kantong kertas) bukan lagi kantong plastik sehingga mudah di daur ulang. Dan banyak negara bagian sudah mulai membuat peraturan membayar 5 sen untuk kantong plastik yang dipakai d toko-toko tempat belanja. Cara ini dilakukan sebagai pemicu untuk mulai menggunakan kantong belanja sendiri saat ke grocery store. Karena di grocery store-lah kantong plastik paling banyak digunakan.

Mencuci Dengan Tangan

Memiliki dishwasher di rumah memang sangat membantu, tapi bukan berarti tiap hari digunakan. Selain boros listrik, boros air dan menimbulkan limbah. Gunakan dishwasher hanya saat piring serta peralatan dapur cukup banyak yang kotor. Minimalkan seminggu dua atau tiga kali saja. Begitu pula mesin cuci dan pengering. Saat cucian sedikit, kenapa tidak dicuci dengan tangan saja, atau tunggu sekalian sampai cucian penuh. Takut tangan menjadi kering? Pakai sarung tangan, beres. Dan lebih hemat.

Kompos Tetap Lebih Baik

Sedapat mungkin hindari pestisida atau herbisida untuk tanaman kita. Dua hal itu juga berbahaya bagi binatang kesayangan, seandainya tanpa sengaja mereka memamah rumput atau tanaman. Lebih baik gunakan kompos. Murah, aman dan membuat tanaman lebih subur. Di Indonesia pasti lebih mudah untuk membeli kompos, tapi bukan berarti menjadi alasan untuk tak menggunakannya buat yang tinggal di Amerika. Kenapa tidak membuat kompos sendiri? Tidak tahu bagaimana caranya? Cari dan ketik di Google ‘how to make compost’. Mudah, bukan?

Perbanyak Makan Sayuran dan Buah-buahan

Bukan hanya sehat untuk tubuh, tapi juga dampaknya makin banyak petani sayur dan buah-buahan dan itu berarti makin banyak tanaman yang mereka tanam. Juga minimalkan pemakaian tisu, kertas atau barang-barang yang dibuat dari hasil penebangan pohon. Paling tidak, gunakan yang bisa didaur ulang. Dengan begitu, penebangan pohon dapat dikurangi. Bumi pun makin hijau.

Jadilah Sukarelawan

Cobalah menjadi sukarelawan di yayasan lingkungan hidup atau yayasan lain yang berkaitan dengan kepedulian lingkungan. Dengan menjadi sukarelawan di sana, akan diperoleh ilmu yang bisa diterapkan di rumah dan sebarkan dalam lingkungan pergaulan. (1004)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?51727

Untuk melihat artikel Amerika / Misc. lainnya,Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :