Ingin memiliki taman, namun tidak punya pekarangan yang memadai? Itu bisa disiasati dengan mudah. Taman vertikal jawabannya. Taman tegak seperti ini memang belum banyak di Indonesia, namun sudah bermunculan di beberapa area baik di perumahan, maupun di tempat umum baik perkantoran maupun tempat berbelanja.

Kecenderungan rumah di perkotaan dengan lahan sempit dan nyaris tanpa pekarangan memadai bisa memadamkan keinginan memelihara tanaman. Padahal dengan adanya tanaman di sekitar rumah bisa memberikan dampak positif bagi kita. Selain memberikan rangsangan segar dan hijau, juga meredam berbagai polusi.

Taman vertikal sendiri merupakan sekumpulan tanaman yang sengaja ditanam secara vertikal di area dinding-dinding bangunan, tembok pagar, tiang-tiang, gedung ataupun sarana umum, misalnya jembatan. Sepanjang ada tembok yang berdiri, taman vertikal bisa diciptakan. Tanaman bisa terdiri dari satu jenis saja atau bisa divariasikan dari beragam jenis tanaman.

Media tanam sendiri bisa langsung berupa tanah di bagian bawah dinding untuk tanaman merambat. Tanaman ditanam di tanah, lantas dibiarkan merambat ke atas melalui kawat yang ditempelkan di dinding. Media lainnya berupa rak yang sengaja dibuat sebagai tempat penyangga. Di dalam rak-rak tersebut disimpan pot-pot untuk menanam secara hidroponik. Pot diisi dengan bahan organik ataupun anorganik, lantas ditanami berbagai tanaman.

Indah Sekaligus Bermanfaat

Memandangi taman yang indah selain memberikan ‘vitamin’ bagi mata, juga memberikan keteduhan dan ketenangan. Lebih jauh dari itu, taman tegak memberikan beberapa manfaat sekaligus. Taman vertikal dapat menahan panasnya sinar matahari. Suhu di dalam ruangan akan menjadi lebih dingin. Lebih banyak oksigen dihasilkan sehingga mampu memberikan efek kesegaran. Suara yang bising dari luar pun dapat diredam. Jika hujan tiba, tampias akan berkurang. Yang terpenting adalah, taman vertikal mampu mengurangi polusi udara. Indah, sekaligus bermanfaat.

Pesona Taman Vertikal Dunia

Taman vertikal di berbagai belahan dunia menyimpan aneka pesona dengan berbagai keunikan mulai dari ukuran yang fantastis dan jenis tanaman yang jumlahnya ribuan. Taman vertikal di Korea terletak di Seoul City Hall berukuran 1.516 m2 dengan 65.000 tanaman dari 14 spesies berbeda. Sedangkan sebuah pusat perbelanjaan di dekat Milan, Italia tercatat memiliki ukuran 1.263 m2 dengan koleksi tanaman sebanyak 44.000.

Serius Ditangan Profesional

Bagi Anda yang berminat serius dengan taman tegak ini, namun tidak memiliki waktu atau pengalaman, ada baiknya menyerahkan ke tangan profesional. Perusahaan yang bergerak di bidang ini, memberikan kesempatan mempercantik rumah ataupun tempat usaha Anda. Berbagai kemudahan dan pilihan mereka tawarkan. Mulai dari perawatan yang mudah, bahan baku yang kuat dan aman, penyiraman berikut pemupukan otomatis dan berbagai pilihan tanaman. Tinggal memilih yang paling pas dengan kebutuhan Anda. Mudah dan cepat. (1001)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?55575

Untuk melihat artikel Sana-Sini lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :