Bulan Juni sampai akhir November setiap tahunnya, terutama di wilayah Pantai Timur (East Coast) Amerika, adalah musim badai tropis atau Atlantic Hurricane season. Ini menurut Hurricane Research Divison (HRD) yaitu bagian dari Atlantic Oceanographic and Meteorogical Laboratory (AOML) di Florida. Setelah badai Sandy melanda daerah itu bulan Oktober yl., maka bulan ini merupakan bulan terakhir musim angin topan dan badai. Terutama, badai besar yang menelan banyak korban.

Tahun lalu, badai Michelle menghantam kawasan East Coast pada bulan November. Diharapkan, badai Michelle bulan ini tidak datang, tapi tak ada salahnya bersiap-siap menyediakan bahan-bahan makanan yang diperlukan jika keadaan darurat tiba.

Saat badai, kendala nomor satu adalah padamnya listrik. Karena itu, perlu disiapkan alat penerangan seperti lampu senter lengkap dengan sekotak baterai, lampu darurat yang aman memakai bahan minyak tanah atau tenaga matahari yang bertahan lama sehingga dapat dijemur keesokan harinya bila matahari muncul. Boleh saja menyiapkan lilin asal ditempat yang aman, jauh dari jangkauan binatang dan anak-anak, beri pelindung supaya tidak berakibat kebakaran jika jatuh. Yang memiliki generator dan pemanas (kerosene heater) periksa kelayakan pakainya dan siapkan cadangan minyak tanah yang cukup. Jangan letakkan generator dekat jendela rumah, karena dapat mengeluarkan gas yang berbahaya apabila terhirup. Dan tentunya, siapkan beberapa kotak korek api atau korek gas.

Bagi yang tinggal di daerah rawan banjir, seandainya memiliki perahu dan pelampung, periksa dan siapkan di tempat yang terjangkau. Hubungi rumah teman, saudara, atau pos darurat di kawasan bebas banjir yang terdekat untuk evakuasi, supaya segera mendapatkan pertolongan.

Siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti makanan, minuman dan obat-obatan di tempat perlindungan, di rumah yang sekiranya aman. Seperti di basement atau di lantai paling atas jika di daerah rawan banjir. Selain itu, juga amankan dokumen-dokumen penting dan alat-alat elekronik yang mudah dibawa. Jangan lupa bawa radio bertenaga baterai untuk mendapatkan informasi terbaru.

Seperti memikirkan keadaan keluarga dan anak-anak, baik juga dipikirkan mengenai binatang kesayangan. Makanan, litter box, mainan kesayangannya, kandang kecil kalau perlu evakuasi dan selimut. Tempatkan di tempat yang aman dan terlindung, karena binatang akan lari ke sana-kemari sebab ketakutan mendengar suara angin topan dan derasnya hujan.

Sebagian daerah, tanpa listrik berarti tanpa air. Untuk daerah seperti ini harus disiapkan air sebanyak-banyaknya. Kalau lupa menyiapkan air mentah, dalam keadaan darurat, letakkan tempat untuk menampung air di luar rumah saat hujan. Paling tidak bisa diperoleh air untuk kamar mandi. Beberapa orang mengatakan, kita perlu sedia red wine untuk penghangat badan. Tentunya ini untuk peminum anggur.

Makanan yang tak perlu dimasak atau harus masuk kulkas seperti snack bar, kacang, kripik kentang, kue kering, roti tawar, selai dan buah-buahan perlu disediakan. Seandainya ada termos yang tahan menyimpan air panas hingga beberapa hari, belilah _cereal_atau oatmeal instan, juga mi instan. Selain perbanyak air putih juga siapkan jus. Lupakan dulu belanja makanan basah, sayur, telur dan daging. Kecuali jika memiliki cooler (tempat pendingin) dan kompor gas. Jangan lupa siapkan cadangan gasnya.(1004)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?50219

Untuk melihat artikel Amerika / Misc. lainnya,Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :