Hewan merupakan makhluk hidup yang pantas untuk diperhatikan dan dilindungi. Dari mulai tempat tinggal, makanan hingga kesehatannya.

Banyak sebagian orang yang menyayangi dan peduli terhadap hewan untuk menjadi binatang peliharaan di rumahnya seperti Anjing dan Kucing. Kedua binatang tersebut dikenal sangat setia dengan manusia khususnya terhadap sang pemilik.

Namun disisi lain banyak juga hewan yang terlantar akibat kurangnya perhatian dari sang pemiliknya bahkan sampai dibuang ke Shelter yang merupakan tempat penampungan hewan.

SIMA (Sahabat Indonesia Maju) sebagai organ masyarakat yang bergerak dibidang sosial politik menunjukkan bentuk kepeduliannya.

Untuk petama kalinya SIMA mengajak para donatur mengadakan kegiatan sosial yang bertajuk ‘SIMA Peduli Hewan’

Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu, 13 Juni 2020 merupakan tahap satu yang menyasar pada tiga Shelter yakni, Shelter melati, JAAN, Rumah ARAC di daerah Cibinong, yang berada di kawasan Cibinong, Gunung Sindur, Bogor. Kegiatan ini direncanakan akan bertahap setiap minggunya, 

Freddy Goysal, selaku pangurus SIMA dan juga sebagai penggagas aksi SIMA Peduli Hewan mengatakan, kegiatan tersebut tercetus dari hati nurani atas kepeduliannya terhadap hewan.

“Dari sisi sosial, hati nurani kami sangat tersentuh dengan kepedulian orang pribadi atau kelompok yang khususnya memiliki shelter terhadap hewan terlantar, terbuang, disiksa, dijual untuk dimakan dan memberikan advokasi, “ujar Freddy.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat lebih empati, peduli dan bertanggung jawab atas nasib hewan peliharaannya dan hewan-hewan lain diluar sana,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Eka Purnama Dewi, pengurus SIMA yang ditunjuk sebagai kordinator kegiatan ini juga berharap kedepannya anggota SIMA khususnya dan masyarakat pada umumnya dapat lebih berempati kepada hewan.

“Kita harus punya tanggung jawab sebagai makhluk yang kuat untuk melindungi makhluk ciptaan Tuhan yang lebih lemah, dalam hal ini hewan,” kata Eka.

“Sayangi hewan peliharaan kita, jangan aniaya hewan, lindungi mereka dari kekerasan, dan selamatkan hewan liar dengan melaporkan keberadaan mereka kepada Shelter, ” katanya.

Kegiatan ini juga didukung oleh beberapa petinggi SIMA antara lain, Kris Cantra selaku Ketua Umum, Veronica Rintar selaku Pembina dan dr. Haryani selaku Wakil Ketua Umum.

Besar harapan SIMA, kegiatan yang kerap diselenggarakan ini bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dan kedepannya SIMA tetap konsisten membantu pemerintah untuk Indonesia yang lebih baik lagi, lebih maju dan unggul, Semangat!