Pandemi Virus Corona atau Covid-19 yang kini sedang merebak menjadi perhatian global, banyak masyarakat terkena dampak hingga melumpuhkan perekenomian.

Peningkatan kasus covid-19 di Indonesia menjadi masalah nasional. Pemerintah membuat kebijakan dari mulai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga larangan mudik, kebijakan tersebut untuk memutus tali rantai penyebaran Covid-19, selain itu, pemerintah juga menghimbau masyarakat untuk belajar dirumah, bekerja di rumah dan beribadah di rumah.

Hal tersebut sangat dirasakan dampak terhadap ekonomi bagi para masyarakat yang bekerja dan terkena PHK hingga pekerja informal dengan berkurangnya mendapat penghasilan untuk memenuhi kebutuhannya.

SIMA (Sahabat Indonesia Maju) yang terbentuk pada bulan Oktober 2018 sebagai organ relawan Jokowi-Maruf Amin pada Pilpres 2019 yang lalu dan juga sebagai organisasi pegiat sosial munjukkan bentuk kepeduliannya.

Untuk kali kedua SIMA Peduli Covid-19 , dalam menyalurkan bantuan bersama ratusan paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat terkena dampak Covid-19 di lima wilayah DKI Jakarta, yakni Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Jakarta Timur.

Pembagian 250 paket sembako tahap dua selain dari SIMA juga mendapat dukungan bantuan berupa 500 masker kain dari Komunitas joinan.co.id dan 300 masker kain dari bryan liem (donatur) dan 250 masker kain dari Jaya yang juga merupakan salah satu pengurus SIMA.

Kegiatan sosial yang berlangsung pada tanggal 23 April 2020 ini ditunjuk sebagai kordinator Aksi Kemanusiaan SIMA Peduli Covid-19 adalah Veronica Rintar dan di dukung oleh para pengurus SIMA beserta anggota dan simpatisannya.

Kegiatan pembagian ratusan paket sembako dan masker kain tahap dua ini dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan di daerah Cakung Timur yang diwakilkan oleh Dr. Haryani dan anggota SIMA lainnya.

“Dalam rangka SIMA peduli dampak covid19, kami mengadakan distribusi sembako untuk dibagikan kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi ini, kami membagikan di area Cakung Timur untuk sodara-sodara kita yang bekerja sebagai pemulung, dan membagikan kepada para pedagang yang tidak bisa berjualan karena sekolah libur, “ungkap Dr. Haryani.

Lebih lanjut, Dr. Haryani menyampaikan pesan kepada masyarakat yang terkena dampak.

“Dengan bantuan sembako ini semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan dan Semoga kita bisa melalui masa sulit ini sampai terbebas dari pandemi covid-19 dan Indonesia bisa tersenyum kembali,” katanya.

SIMA akan terus melakukan kegiatan sosial ini untuk membantu kepada masyarakat dengan harapan masyarakat bisa merasakan ada rasa solidaritas dan tidak merasa sendiri, bersama-sama saling bergotong royong dalam memerangi wabah virus corona atau covid-19.

“SIMA Peduli Covid-19 merupakan bagian dari bentuk Semangat Gotong Royong kita semua untuk bersama membangun solidaritas antar anak bangsa. Pemerintah tidak bisa berjalan sendirian dalam menghadapi Pandemi Covid-19 ini, Peran serta Masyarakat sangat dibutuhkan untuk bersama-sama mengatasi masalah bersama ini, ” ungkap Kris Tjantra selaku Ketua Umum SIMA.