Ketersediaan bayar tiket pesawat pakai Paylater kian memudahkan masyarakat bepergian ke berbagai negara. Layanan tersebut memungkinkan beberapa orang menyiapkan transportasi tanpa perlu menggunakan pihak ketiga. Terutama dari segi biaya yang masih terbatas, tetapi urgensi untuk terbang sangat tinggi dan tak bisa ditunda.

Sejumlah trik pun dapat diterapkan untuk mendapatkan tiket pesawat murah untuk meringankan tagihan. Adapun strategi yang dimaksud adalah:

1. Beli paket pesawat dan hotel

Berencana menginap di tempat tujuan? Daripada booking secara terpisah, belilah paket yang menyediakan tiket pesawat dan kamar hotel. Pemesanan lebih praktis, harga yang ditawarkan pun bisa lebih murah. Cara ini dapat menjadi opsi alternatif saat membayar tagihan pembelian terpisah masih mahal bersama keluarga atau teman.

Namun, ada hal-hal yang perlu diantisipasi saat memutuskan mengambil paket. Misalnya pilihan kamar hotel yang lebih terbatas untuk menyesuaikan harga. Begitu juga kelas kursi pesawat yang kadang tak bisa ditentukan sendiri.

2. Pesan tiket pesawat secara terpisah

Posisi kursi di kabin pesawat tak jarang mempengaruhi harga tiket. Sebagai contoh, kursi yang berada di dekat ruang mesin cenderung dijual murah, tetapi risikonya penumpang kurang nyaman mendengar suara bising. Kemudian, deret kursi juga akan lebih terbatas apabila pembelian dilakukan secara rombongan dan memaksa beberapa orang mengambil kursi di tempat lain.

Maka untuk memudahkan bayar tiket pesawat pakai Paylater, sebaiknya beli secara terpisah. Diskusikan dulu anggaran masing-masing orang untuk kemudian disesuaikan dengan harga berdasarkan posisi kursi. Anggaran biasanya lebih murah daripada memaksakan diri duduk di area yang sama.

3. Bayar memakai mata uang berbeda

Membayar tiket memakai mata uang negara tujuan rupanya membantu menekan pengeluaran. Mengapa demikian? Ahli travel dan editor Map Happy, Erica Ho, mengungkapkan, sistem pemesanan tak akan menganggap pembeli sebagai turis. Namun perlu diingat cara ini hanya ampuh diterapkan untuk membeli tiket keberangkatan.

Strategi ini berlaku saat wisatawan harus melakukan penerbangan di negara tersebut. Hindari pembelian saat berada di Indonesia. Manfaatkan keringanan bayar tiket pesawat pakai Paylater untuk bertualang di dalam negeri atau saat akan pulang ke Tanah Air.

4. Hanya bawa barang yang diperlukan

Orang-orang yang terbiasa bepergian barangkali tahu bahwa membawa barang melewati kapasitas bagasi akan dikenakan biaya tambahan. Secara tak langsung, biaya membeli tiket akan naik karena adanya excess baggage. Sebelum pergi, cek lagi barang-barang yang dimasukkan ke ransel atau koper, lalu pertimbangkan mana saja yang dibutuhkan.

Salah satu trik yang dapat diaplikasikan adalah menyesuaikannya dengan cuaca di negara tujuan. Cara lainnya yang bisa diterapkan adalah membawa pakaian warna netral yang mudah dipasangkan satu sama lain, sehingga bawaan mudah dikurangi.

5. Pilih dua maskapai yang berbeda

Calon pembeli yang ingin bayar tiket pesawat pakai Paylater dengan harga murah sebaiknya menggunakan dua maskapai berbeda. Pasalnya sejauh ini belum ada jaminan mendapatkan tarif murah saat memesan di tempat yang sama. Pertimbangkan baik-baik salah satu maskapai untuk penerbingan transit dan satu untuk yang utama.

Cara ini berlaku pula untuk penerbangan pulang pergi, hanya saja cukup tricky saat mencarinya. Lakukan riset secara mendalam untuk membandingkan harga berdasarkan posisi kursi, jadwal, dan promo yang ditawarkan.

6. Pertimbangkan bandara alternatif

Dikenal juga sebagai bandara ‘palsu’, memilih bandara alternatif dapat menjadi pilihan untuk menekan pengeluaran sekaligus meringankan tagihan. Lokasi bandara ini biasanya berada tak jauh dari bandara utama. Lalu kalau lokasi tujuan masih jauh, lakukan perjalanan dengan transportasi darat seperti taksi, bus, dan kereta api dengan penyesuaian yang tepat.

Sekilas, metode ini agak merepotkan. Akan tetapi, bandara alternatif menawarkan keunggulan-keunggulan selain harga tiket pesawat yang murah. Misalnya area yang tak sepadat dan sesibuk di bandara utama, sehingga akses lebih cepat.

Untuk memaksimalkan pemesanan, gunakan Traveloka untuk beli dan bayar tiket pesawat paket Paylater. Tak hanya pembayaran mudah, pendaftarannya lebih cepat dengan limit awal mencapai Rp10 juta untuk memudahkan pengaturan anggaran perjalanan ke luar negeri.

Sumber foto: Victor Freitas / Pexels.com

Baca Juga: