SMK Negeri 23 Jakarta belum lama ini melakukan kegiatan workshop Pitching Factory. Dalam workshop tersebut, SMK Negeri 23 Jakarta menghadirkan narasumber pelaku industri fashion sekaligus desainer ternama Leny Rafael.

Sunarto S.Pd, Kepala Sekolah SMK Negeri 23 Jakarta, menjelaskan dengan adanya kehadiran pelaku industri fashion dapat memberikan pelajaran mengenai desain dan produksi busana yang diharapkan akan meningkatkan kualitas mengajar guru-guru di SMK Negeri 23 Jakarta.

“Diharapkan guru akan dapat mengajar sesuai dengan kompetensi atau harapan-harapan dari industri, ” katanya.
Sunarto S.Pd menambahkan dalam workshop Pitching Factory ini Leny Rafael tidak hanya sekedar menjadi narasumber, melainkan memperluas kerja sama dan di bidang validasi Kurikulum dan PKL.

“Jurusan Tata Busana akan diusahakan dapat berkembang lebih baik dan bisa menghasilkan produk-produk yang dapat terjual, baik itu berupa desainernya maupun produk fashionnya,” tuturnya.

Sementara ini, SMK Negeri 23 sudah memproduksi baju-baju seragam dengan pelanggan kebanyakan dari internal SMK Negeri 23 Jakarta.

“Kita sudah berproduksi tapi ingin memperluas supaya produksi dari sekolah ini tidak hanya untuk pasar intern SMK Negeri 23 Jakarta saja, tetapi kita ingin memperluas terlebih dengan adanya kerjasama yang baik dengan beberapa industri fashion, kata Sunarto.

Kepala Sekolah ini yakin bahwa usahanya akan tercapai, terlebih SMK Negeri 23 Jakarta merupakan satu-satunya SMK pusat keunggulan untuk jurusan Desain dan produksi busana untuk tingkat DKI.

Artikel ini juga dapat dibaca di Majalah Digital Kabari Edisi 196

Simak video wawancara Kabari dibawah ini.