Penyanyi indie asal Indonesia, Sorenza Nuryanti membuat gebrakan. Tidak di dalam negeri melainkan di Amerika. Sorenza berhasil mendapatkan penghargaan di ajang WPVR 2022 Year-End Pinnacle Awards untuk kategori Indie Pop Song of the Year lewat singlenya yang berjudul ‘Reality Show (Funky Father Remix).

Sorenza memenangkan penghargaan tersebut setelah bersaing dengan musisi seperti KAIAK (Kharma Never Dies), M-RITZ (Diamonds Are Forever), OSTARE (Deep Down), dan Thyra Hilden (Trapped in Dreams). Dia sebenarnya masuk dalam tiga nominasi dalam ajang pernghargaan tersebut, yaitu Indie Best Artists, Indie Song of the Year, dan Indie Pop Song of the Year.

Tak ayal, raihan penghargaan yang didapat membuat dirinya terkejut. “Ini adalah kejutan yang menyenangkan dan saya merasa terhormat telah menerima penghargaan ini. Itu juga hasil dari proses pantang menyerah dan percaya diri,” kata penyanyi asli Lombok, Nusa Tenggara Barat ini kepada KABARI.

Sorenza Nuryanti

Nominasi dengan beragam kategori di WPVR 2022 Year-End Pinnacle Awards diisi penyanyi papan atas dunia seperti Dua Lipa, Ed Sheeran, Harry Styles, iKON, Blackpink, dan Agnez Mo. Tentu, Soranza merasa tersanjung untuk dinominasikan di antara nama-nama besar itu. Dan penghargaan Indie Pop Song of the Year yang berhasil diraihnya ini didedikasikan untuk semua artis indie dimanapun berada.

Pengumuman pemenang penghargaan WPVR 2022 Year-End Pinnacle Awards disiarkan langsung di Platinum Vibes Radio pada tanggal 27 Januari 2023 jam 8 malam waktu Amerika Serikat atau 28 Januari 2023 pada jam 8 pagi waktu Indonesia.

Rajin rilis single

Pemilik nama lengkap Sorenza Nuryanti Volckaert adalah penyanyi blasteran Indonesia – Belgia yang memilih untuk tinggal di Indonesia. Semenjak kecil, penyanyi yang mengidolakan Melanie Martinez ini sudah akrab dengan musik.

“Sebagai anak kecil, orang tua saya menawari saya keyboard dan gitar dan saya baru saja mulai berlatih membuat lagu yang menarik perhatian. Sekitar umur 8 tahun saya membuat orang tua saya terkesan dengan beberapa demo lagu anak-anak, ” tuturnya.

Di tahun 2018, Sorenza mulai merilis single. Lagu pertamanya berjudul “Casual Girl” dan berhasil terpilih untuk audisi di The Voice Kids Indonesia. Kemudian ia menulis lagu keduanya berjudul “Dear Mom and Dad” (2019). Lagu ini diciptakan sebagai ungkapan rasa terima kasih Sorenza kepada orang tuanya.

“Diantara semua single, dapat dikatakan lagu ini yang paling spesial merupakan penghormatan kepada orang tua saya dan akan selalu memiliki tempat khusus di hati saya,” tutur Sorenza.

Sorenza Nuryanti

Sebelum merilis single berikutnya, Sorenza sempat mengadakan konser mini akustik pertamanya pada tanggal 5 Oktober 2019. Konser diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Belgia di Jakarta. Lagu-lagu Sorenza diputar secara langsung dengan sentuhan tradisional Indonesia (Violon / Gamelan / Flute / Accordeon)

“Penampilan penting pertama saya, merupakan pengalaman yang luar biasa dengan antusiasme yang tinggi dari beberapa ratus penggemar baru. Kolaborasi dengan para musisi sangat fantastis karena ada latihan dan banyak hubungan musikal dan spontan di atas panggung,” katanya

Nah, Sorenza di tahun 2020 mulai merilis single ketiga berjudul “Pink Jeans” (2020). “Pink Jeans” menduduki posisi nomor 1 – ( #ChartsMusikIndonesia).

Di masa Pandemi, Sorenza menjadi seperti semua orang di planet ini dalam situasi #stayhome terkurung dan merilis, “Blue (Butterfly)”. Lagu ini tentang bagaimana perasaan biru dan melihat situasi dengan warna biru dapat membuat perbedaan di rumah saat pandemi.

Dan selama tahun 2020 Sporenza ikut menulis “Summer Tears” bersama Produser Indonesia dan anggota Weird Genious, Eka Gustiwana dan DJ Winky Wiryawan. Single tersebut telah dirilis 30 Juni 2021 oleh Sony Music Indonesia/ Floorinc. Selama tahun 2021, dia menulis album demo dan merilis single ekstrak pertama berjudul “Sensitive” a POP-Melo-Atmospheric-Cosmic style berbicara tentang perasaan tumbuh remaja hingga dewasa muda.

Yup! Penyanyi muda ini sepertinya tidak akan berhenti berkarya dan akan terus menulis lagu. Tahun ini Sorenza akan merilis beberapa materi baru.

Artikel ini dapat dilihat di Majalah Digital Kabari Edisi 186

Baca Juga: