Dunia kuliner tak hanya melahirkan profesi sebagai chef ataupun pelaku usaha kuliner namun juga memberi peluang banyak hal termasuk profesi culinary storyteller.

Ade Putri Paramadita adalah salah satu orang yang menjalani profesi tersebut, debutnya dimulai sejak dia masih kecil sudah mendapatkan dongeng mengenai kuliner oleh sang kakek.

“Saya memang dilahirkan dari keluarga foodie, Kakek saya sudah mengajarkan untuk makan itu belajar macam-macam, bukan cuma makan banyak tapi mengerti apa yang dimakan, orang tua saya juga ngajarin agar lidah saya di eskpos ke banyak jenis makanan,” kata Ade.

Mengawali karirnya, Ade bergabung dalam komunitas Aku Cinta Masakan Indonesia atau ACMI. Komunitas yang bergerak melestarikan, mengembangkan, mendokumentasikan dan menyebarluaskan kekayaan kuliner Indonesia tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di mancanegara.

“Dan tahun 2012 ketemu om William Wongso diajakin untuk bergabung di Aku Cinta Masakan Indonesia, kita bertujuan untuk mempromosikan masakan Indonesia supaya orang lebih apresiasi, tentunya kan yang tadinya cuma makan, nyobain terus enak, lama-lama sudah mulai seperti bercerita tentang apakah ada budaya apakah ada sejarahnya,” katanya.

Menjadi seorang culinary storyteller, bagi Ade, bahwa yang dilakukannya tak hanya sekedar bercerita tentang makan dimana, apa yang harus dimakan dan suasananya seperti apa, harganya berapa.

“Sementara kalau saya lebih bercerita tentang selain makanan yang kita santap, aroma apa yang kita hirup dan apa yang ada di lidah, tapi di luar itu juga memang pengen cerita tentang prosesnya seperti apa, bahannya dapat dari mana, bagaimana sejarahnya atau juga kalau ada, makanan itu di sebuah budaya seperti apa, jadi ceritanya lebih lengkap, ini bukan seperti laporan tapi ini seperti mendongeng, tujuannya apa, supaya orang yang makan, mereka mendapatkan experience lebih, mereka jadi ingin tau lebih banyak mereka menceritakan lagi harapannya makanan itu tidak akan pernah punah,” ungkap Ade.

Berbincang santai dengan penjaja makanan merupakan salah satu trik Ade untuk menggali informasi, baginya informasi itu menjadi salah satu modal terpenting dalam bercerita tentang makanan.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :