Bisa dibilang rumah makan Padang adalah rumah makan yang mudah ditemukan dimana pun. Tak hanya di Indonesia saja, tetapi  juga di Australia.

Restoran ini berada di 783 Glen Huntly Rd. Caulfield South Victoria. Namanya diambil dari Istilah ‘Tambo Ciek’ yang berasal dari bahasa Minang  yang artinya ‘tambuah ciek’ atau  ‘tambah satu’.  Fitri Toddy, mengatakan kepada KABARI,   Tambo Ciek pertama kali didirikan pada tahun 2017.  Pada saat itu sifatnya masih katering rumahan sampai akhirnya 2021 berdiri sendiri dan membuka restoran padang.

 “Latar belakang keluarga suami berasal dari keluarga Bukit Tinggi, Sumatera Barat, dan Ezra Toddy pendiri Tambo Ciek memang special di padang foods restaurant,” kata Toddy. “Ezra Toddy  memiliki latar belakang sebagai master IT dari Deakin University di Melbourne. Tetapi karena passion-nya lebih ke memasak akhirnya beralih menjadi chef. Sempat bekerja di restoran western sebagai Chef dan akhirnya balik untuk memasak padang lagi.”

Tambo Ciek memiliki menu tujuh legendaris Nasi Kapau salah satu best sellers Nasi Kapau dengan pilihan dua meat dan dua veggie dengan harga $18.5 bisa pilih dengan menu andalan Rendang + Ayam Goreng,  Rendang + Ikan Goreng, Rendang + Paru goring, Rendang + Dendeng Crispy, Rendang + Jengkol Balado, Rendang + Kikil dan Rendang + Cumi Balado.

Tambo Ciek sudah lima tahun berdiri dan terus berkembang bahkan pada masa pandemi / lockdown omsetnya malah meningkat sampai naik 3x lipat karena banyaknya permintaan katering.  “Pada saat lockdown sampai kami kewalahan dan permintaan dari supermarket pun meningkat ditambah permintaan order dari customers yang ada di interstate juga meningkat,” tutur Toddy.

Akan halnya dengan pelanggan Tambo Ciek sebagian besarnya berasal dari non-Indonesia seperti Malaysia, Singapore, India dan orang Australia. “Berhubung  lokasi kami saat ini,  banyak orang bule dari Rusia, Ukraina, dan lainnya dan mereka suka sekali dengan spicy foods dan beef rendang dari Tambo Ciek.”

Dan diantara menu yang  tersaji dan paling diminati adalah menu Nasi Kapau dan juga Beef Rendangnya. Toddy mengakui, pelanggan yang datang sangat menghargai dan mengapresiasi bangga dengan masakan Indonesia yang begitu banyak ragam, termasuk masakan dari Sumatra Barat.

“Visi misi kami adalah ingin memperluas jaringan dan memperkenalkan masakan Indonesia special di Padang Foods Nasi Kapau dan Alhamdulillah di akhir September 2022 kami akan  membuka branch baru yang ke-2 di daerah North yaitu Coburg dan seluruh pelanggan kami yang berada di daerah North sangat senang dan excited karena tambo ciek buka di daerah mereka,” kata Toddy. “Mudah-mudahan Tambo Ciek kedepannya bisa membuka cabang baru di interstate lainnya.”

Oh iya, Tambo Ciek membuka peluang franchise khususnya di Australia yang ingin memperluas masakan padang supaya semua orang Indonesia bisa tersalurkan kangennya dengan masakan padang dimana di Australia ini banyak sekali peminatnya.