Gashuku merupakan salah satu tahap yang wajib harus diikuti oleh para kohai (karateka) yang akan mengikuti ujian kenaikan tingkat (sabuk).

INKAI Jaksel yang diikuti kurang lebih 1000 kohai dari 30 ranting ini berkerjasama dengan Yonzikon 14/SWS sukses menyelenggarakan latihan bersama di Yon Zinkon 14 RW 6 Srengseng Sawah, Jagakarsa pada hari minggu, (31/3/2019).

Senpai Mariman selaku Ketua Inkai Jakarta Selatan mengatakan Gashuku ini sangatlah penting diikuti oleh para kohai sebelum menempuh ujian kenaikan tingkat karena dalam latihan gabungan ini, mereka akan mendapatkan berbagai pengetahuan seputar teknik, ketahanan fisik, dan sebagainya.

“Secara umum, mengikuti pelajaran beladiri seperti Karate ini penting bagi generasi milenial agar lebih percaya diri, sehat, berpikir cepat, memiliki pertahanan diri dan terhindar dari ketergantungan gadget, ” ujar Mariman kepada Kabari.

“Kalau anak-anak sering belajar karate ini lama kelamaan waktunya akan berkurang untuk main gadget, ” tambahnya.

Menurutnya, kegiatan ini juga bisa menumbuhkan prestasi belajar pada anak di sekolahnya melalui pendidikan mental.

” Kegiatan ini banyak memberikan pengaruh positip pada kegiatan anak -anak jaman sekarang, hal ini lah yang menjadi pesan yang ingin ditanamkan kepada kaum milenial untuk mengikuti seni beladiri karate, ” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Shihan Syahril, selaku Pembina Inkai Jaksel mengenai perkembangan Inkai di era milenial.

“Perkembangan seni beladiri karate cukup baik, karena kerja tim para pelatih Inkai Jaksel yang solid antar ranting dalam mengembangkan teknik, ” ungkap Shihan.

“Karena diranting ini adalah tempet mereka belajar, tempat mereka untuk koreksi teknik, ini diadakan setiap satu minggu sekali dan juga nantinya diadakan latihan wajib atlet di luar cabang,” imbuhnya.

Seiring kemajuan karate di kalangan anak muda, Shihan menyikapinya dengan sering diselenggarakannya pertandingan antar ranting serta kegiatan untuk kejuaraan lainnya.

Pola didik yang diterapkan Inkai Jaksel ini meliputi latihan teknik-teknik dasar karate yang benar kemudian diarahkan bahwa karate sangat bermanfaat untuk meningkatkan kedisiplinan di segala aktifitas.

“Dan juga mengajarkan teknik-teknik yang sedang berkembang di tingkat nasional maupun internasional. Biar mereka tau teori – teori di karate, ” ungkap Shihan.

“Karate ini juga bermanfaat untuk meningkatkan segala prestasi, baik prestasi di sekolah dan pekerja juga bisa menumbuhkan semangat bekerja dengan baik. Dan untuk anak- anak khususnya bisa lebih percaya diri lebih bisa menyalurkan kemana dia harus menyalurkan bakatnya, ” pungkasnya.