Berabad-abad telah berlalu dan kekayaan, kekuasaan, dan cinta masih tetap menjadi simbol makna dari perhiasan berlian. Batu berharga ini telah membentuk masyarakat dan industri perhiasan. Mereka telah diubah menjadi  cincin pertunangan,  anting-anting berlian , cincin berlian, dan banyak perhiasan indah lainnya.

Batu berharga ini telah memikat hati pria dan wanita dan tidak pernah kehilangan nilainya. Tak jarang perhiasan berlian sering diberikan sebagai hadiah untuk orang-orang terkasih, seperti cincin kawin, cincin tanda mata, atau hadiah ulang tahun. Namun sebelum membeli perhiasan berlian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Ariya Chanda, CEO & Founder dari Vendôme Joaillerie, pertama kita harus paham dahulu tentang perhiasan berlian. Ketahui karakteristik berlian seperti 4C (Color, Clarity, Cut and Carat) yang merupakan faktor utama yang mempengaruhi kualitas dan juga harga berlian / perhiasan berlian yang ingin dibeli. Kualitas berlian yang dipilih atau dibeli, tidak hanya mempengaruhi harga, namun juga mempengaruhi kualitas dari pancaran sinar / ‘bling’ factor dari berlian tersebut.

Kedua adalah budget. Menentukan budget / anggaran yang disiapkan untuk perhiasan berlian yang ingin di beli. Ini akan membantu anda untuk mempersempit pilihan dan menentukan kualitas berlian yang anda beli.

Ketiga adalah sumber Berlian. Pelajari tentang sumber berlian, Pastikan membeli berlian dari penjual / toko yang terpecaya dan dapat memberikan authentication certificate.

Ariya  menambahkan kita  juga harus berhati2 dengan “ Lab Grown Diamond “ yang merupakan berlian yang dibuat di laboratorium. Lab-grown diamond ini sudah mulai memasuki pasar perhiasan di Indonesia.

“Ada beberapa penjual nakal yang mulai mencampuri antara berlian natural dan lab grown di dalam 1 perhiasan. Lab grown diamond memiliki harga pasar yang jauh dibawah berlian natural. Satu hal yang perlu di note juga adalah lab grown diamond ini tidak memiliki investment dan resale value,” tuturnya.

Lantas bagaimana dengan model perhiasan berlian?

Ariya mengatakan jika untuk keperluan sehari-hari, perhiasan berlian  yang sangat cocok untuk digunakan sehari-hari menurutnya adalah eternity atau pun half-eternity ring, atau biasa disebut model “listring”, cincin ini merupakan cincin yang sangat versatile, simple, dan elegant. Cincin ini juga bisa di stacking dengan cincin lainnya.

“Solitaire necklace dan solitaire stud juga merupakan go-to jewelry pieces for daily untuk wanita, dan merupakan model perhiasan must have untuk setiap kolektor perhiasan berlian. Untuk pria, pastinya men’s ring dengan emerald cut merupakan opsi yang sangat keren untuk pria. Emerald cut diamond, memiliki cutting dan sinar yang lebih understated dibandingkan Round diamonds (Berlian bulat) sehingga sangat cocok untuk daily usage,” katanya.

Untuk Arya pribadi ketika membeli berlian GIA untuk dipakai sendiri condong untuk mengutamakan carat atau ukuran dari berlian yang dipilih, dibandingkan color (warna) atau pun clarity (kejernihan).

“Saya biasa memilih G-H color dan VS1 – VS2 clarity. Namun banyak pelanggan kami yang memilih color F dan juga VVS clarity. Kembali lagi kepada budget dan preferensi masing-masing individual,” tuturnya.

Vendôme Joaillerie Flagship store berada di Penthouse, Capitol Park Residence yang berlokasi di Menteng – Salemba, menyediakan aneka jenis perhiasan berlian.  Catalog product  Vendôme Joaillerie dapat dilihat dan di Instagram  @vendome.joaillerie. Selain in-store, Vendôme Joaillerie juga melayani online and home services.

Salah satu design terbaru dari Vendôme adalah ‘Antoinette’ Earrings dari High Jewelry Collection Vendôme. Anting Antoinette ini bisa dipakai sampai dengan 9 (sembilan) look berbeda. Mulai dari simple stud, to chandelier earring. Selain menjadi anting, Antoinette juga dapat digunakan sebagai bros dan liontin. Sehingga kita dapat menyesuaikan fungsi dan look dari anting ini untuk acara berbeda (Daily, work, and day-time party and evening party).

Sumber foto: Istimewa

Baca Juga: