Meskipun tradisi perayaan ulang tahun hampir mirip satu sama lain, yaitu ada pesta dan kue ulang tahun, tapi masing-masing memiliki keunikan tersendiri.

AMERIKA

Merayakannya dengan kue ulang tahun yang diatasnya tertancap jumlah lilin sesuai umurnya. Tapi sekarang ini jumlah lilin bukan lagi keharusan. Banyak yang mulai berpikir praktis menghias dengan lilin angka, bahkan terkadang hanya dengan satu lilin saja jika memberikan kejutan dengan sebuah cupcake. Yang penting adalah tradisi memberikan kue, menyanyi lagu Happy Birthday To You, dan tiup lilin sembari make a wish. Kepercayaannya saat meniup lilin, jika padam dalam satu kali tiupan, harapannya akan terkabul.

Lagu Happy Birthday To You Yang sudah diterjemahkan sekitar 18 bahasa di seluruh dunia ini sudah ada sejak tahun 1893 dan ditulis oleh dua bersaudara, Patty dan Mildred J. Hill. Di Amerika, tradisi merayakan ulang tahun cukup istimewa saat umur 16, 21, 30, 40 dan 50. Itu merupakan umur yang masing-masing memiliki arti penting dalam hidup. Maka biasanya mendapat surprise birthday dan dirayakan bersama keluarga dan teman-teman. Di Amerika, mereka yang berulang tahun tak perlu mendanai perayaannya. Semua sudah disiapkan oleh keluarga atau teman. Hadiah pun berdatangan, bahkan tawaran untuk makan malam.

Bagi penduduk asli Amerika, Indian Winnebago, ulang tahun dirayakan secara besar dan semua orang boleh datang. Berita itu tersebar dari mulut ke mulut. Perayaan ulang tahun akan berlangsung dari sore sampai malam hari. Kue ulang tahun dibawa berkeliling untuk ditunjukan ke para tamu dan menjadi sebuah kehormatan untuk tamu yang diminta memotong kuenya. Untuk merayakan ulang tahun anak, mereka merayakan bukan pada tanggal kelahiran tapi saat anak memulai langkah pertama.

INDONESIA

Lalu bagaimana dengan di negara kita sendiri yang terdiri dari beberapa pulau serta ragam suku bangsa, bahasa dan agama? Meski garis besarnya perayaan ulang tahun itu sama tapi bisa dibedakan perayaan di kota besar dan di kota kecil. Keduanya memiliki persamaan merayakan dengan keluarga dan teman-teman. Di Indonesia, pesta ulang tahun yang dirayakan cukup besar adalah saat umur 17 tahun. Saat umur itu anak sudah memasuki ambang kedewasaan karena sudah dapat memilki kartu identitas diri serta surat ijin mengemudi.

Di kota besar, pesta ulang tahun bisa diadakan di rumah atau di sebuah restoran. Ruangannya di hias dengan tema tertentu jika untuk ulang tahun anak. Seperti juga di Amerika, selalu tersedia kue ulang tahun, menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun dilanjut Tiup Lilinnya dan Potong Kuenya. Tidak selalu ada tradisi make a wish. Tapi terkadang ada acara ngerjain bagi orang dewasa. Misalnya dilempar telur, didandanin macam badut atau dicemplungkan ke kolam renang. Untuk yang hanya merayakan bersama teman dekat, yang berulang tahun lah yang mentraktir mereka. Tentunya mereka membawa hadiah untuk diberikan pada yang ulang tahun.

Sedangkan di beberapa kota kecil, perayaan ulang tahun dirayakan hanya berkumpul dengan keluarga dan teman dekat, berdoa bersama, kemudian makan tumpeng sebagai pengganti kue ulang tahun. Bahkan ada yang memiliki tradisi yang berulang tahun memakai baju tradisional terutama anak-anak. Tapi sekarang ini tradisi tumpengan ini sudah mulai banyak di kota-kota besar. Acara tumpengan biasanya saat dirayakan dengan teman-teman kerja di kantor. Dengan tumpeng ukuran besar sehingga mencukupi di makan bersama.

IRLANDIA

Di Irlandia, perayaan ulang tahun dipenuhi dengan makanan, minuman dan tari-tarian, baik tarian tradisional maupun tarian modern. Ulang tahun untuk dirayakan secara besar bersama keluarga dan teman adalah saat umur 21 tahun. Pada saat itu akan diberikan kado istimewa, the key of the house, yang artinya dia sudah dianggap dewasa dan bertanggung jawab untuk bebas keluar masuk rumah.

Tradisi merayakan ulang tahun untuk anak-anak adalah hit the deck, yaitu para orang dewasa akan menggendong si anak dengan kepala di bawah dan dibenturkan secara pelan ke lantai sebanyak usianya ditambah satu kali benturan untuk keberuntungan.

CINA

Tradisi di Cina, saat ulang tahun adalah memakan mi telur yang disebut mi panjang umur (chang shou mian). Tentunya untuk sebuah doa dan pengharapan bahwa yang berulang tahun akan selalu sehat dan berumur panjang. Cara memakannya juga tidak langsung digigit tapi dihirup mi-nya sepanjang mungkin. Semakin panjang mi masuk mulut, melambangkan semakin panjang usia yang akan diraihnya.

Perayaan ulang tahun biasanya untuk anak umur pertama, 10, serta untuk orang tua umur 60, 70 dan 80 tahun. Saat merayakan ulang tahun sang anak, orang tua akan memberikan telur berwarna merah dengan jumlah genap pada teman dan keluarga untuk tanda keberuntungan. Hadiah lainnya yaitu berupa barang-barang terbuat dari perak dan uang yang dibungkus dengan kertas warna merah.

MEKSIKO

Piñata boleh dibilang wajib ada di pesta ulang tahun di Meksiko. Terutama ulang tahun anak-anak karena mereka menunggu-nunggu saat diminta memukul Piñata dengan tongkat sambil ditutup kedua matanya. Sungguh fun. Piñata yang biasanya terbuat dari kardus dan dihias kertas beraneka warna itu di dalamnya diisi dengan permen atau mainan-mainan kecil serta confetti atau tepung. Bentuknya berupa keledai, atau karakter kartun. Mereka akan rebutan benda-benda berjatuhan dari Piñata saat robek. Lagu yang dinyanyikan adalah Las Mañanitas yang disusul tiup lilin sambil make a wish. Piñata ini selain ada dalam pesta ulang tahun, juga di perayaan Natal dan Cinco de Mayo.

Di Meksiko ada pesta ulang tahun penting untuk perempuan ketika menginjak umur 15 tahun. Namanya Quinceañera. Saat umur itu anak perempuan sudah dianggap mulai memasuki dunia wanita dewasa. Dia akan berdandan dengan gaun pesta, lengkap diramaikan dengan musik, dansa dan kue ulang tahun bertingkat. Pesta yang besar dan istimewa. Tak jauh beda dengan pesta pernikahan.

JERMAN

Di Jerman, hari ulang tahun adalah hari yang istimewa untuk anak-anak. Karena selain akan mendapatkan kue ulang tahun, makanan serta banyak hadiah, juga mereka tak perlu melakukan pekerjaan atau rutinitas sehari-hari. Tapi berbeda dengan anak-anak, bagi pria yang merayakan ulang tahun ke-30 dan masih single, harus siap dikerjain. Tradisinya dia harus menyapu tangga gedung city hall di kotanya yang sebelumnya diguyur sampah oleh teman-temannya. Tapi dengan kondisi sekarang, tradisi itu mulai berubah terutama di kota besar, bagi mereka yang masih single di umur 30, baik pria atau wanita, akan merayakan dengan minum-minum bersama teman-teman. Tetap dikerjain tapi tidak harus menyapu tangga di city hall. Bisa menyapu dimana saja, atau malah melakukan hal lain sesuai permintaan teman-temannya.

Tidak seperti beberapa negara yang menyiapkan pesta untuk yang berulang tahun dari kantong mereka, di Jerman justru yang berulang tahun yang mentraktir atau mendanai pestanya. Seperti juga di Italia dan beberapa negara Eropa lainnya. Satu lagi, tidak boleh mengucapkan selamat ulang tahun atau berpesta sebelum hari H. Itu dianggap membawa sial.

BELANDA

Ulang tahun adalah hal yang sangat penting di Belanda. Di sana ada sebutan Crown Years untuk mereka yang merayakan ulang tahun tepat di umur 5, 10, 15, 20 dan 21. Pada umur itu, pesta akan berlangsung meriah dengan mengundang kerabat dan teman-teman. Saat itu yang berulang tahun akan mendapat hadiah yang istimewa. Semua hadiah berupa benda yang dibungkus atau gift card. Bukan hadiah berupaka ajakan ditraktir untuk makan di luar. Bagi yang diundang, biasanya mereka datang dengan membawa bunga atau sebotol anggur.

Di Belanda, yang berulang tahun lah yang menyelenggarakan pesta di rumah. Mereka menyediakan makanan untuk pesta anak-anak, dan biasanya kue, teh, bir dan anggur untuk pesta orang dewasa. Kue ulang tahun berupa taarties yang diisi dengan buah dan dihias krim kocok diatasnya. Para tamu akan duduk melingkar, kemudian menyanyikan lagu selamat ulang tahun, Lang zal hij leven, disusul teriakan Hieperdepiep, lalu semua menjawab Hoera dengan tangan terangkat ke atas. Kalau di Amerika seperti Hip Hip Hooray!.