Ramadhan

Bulan Ramadhan tiba, umat muslim seluruh dunia akan melaksanakan puasa selama sebulan penuh. Tak terkecuali di Indonesia. Menjelang dan selama menjalani bulan Ramadhan, berbagai tradisi khas dan unik bisa ditemukan di berbagai tempat di Indonesia.

Tradisi Ziarah Kubur

Di berbagai daerah di Indonesia, ziarah ke makam sudah menjadi tradisi yang biasa dilakukan. Warga biasanya datang ke pemakaman untuk mendatangi makam orang tua, kerabat, saudara atau pasangan hidup. Selama di makam, biasanya warga membacakan doa dan memohonkan ampunan untuk mereka yang sudah meninggal. Selain itu, kuburan biasanya dibersihkan dan ditaburi air dan bunga.

Memasang Lampu Aneka Warna

Hal ini bisa ditemukan di Desa Sebukar Kabupaten Kerinci. Untuk menyambut bulan suci Ramadhan, pemerintah daerah mewajibkan warga untuk memasang lampu warna-warni di depan rumah yang berada di jalan raya. Warga menyambut antusias, bahkan yang tak berada di pinggir jalan raya pun turut memasang lampu warna-warni. Lampu disusun ke atas pada sebuah tiang dan dipasang berjajar di pinggir jalan. Suasana desa Sebukar pun menjadi meriah dan penuh warna selama bulan bulan Ramadhan. Menjelang bulan Ramadhan juga biasa diadakan pawai keliling mengelilingi desa.

Bubur Samin di Solo

Ada kuliner khas yang hanya ada di bulan Ramadhan. Salah satunya adalah bubur Samin di Solo. Sebuah masjid di Kampung Jayengan, Solo membuat bubur ini untuk dibagikan secara gratis kepada warga yang berbuka. Bubur ini terbuat dari beras, santan, aneka sayur, daging sapi dan rempah-rempah. Tak tanggung-tanggung, masjid memasak sedikitnya 40 kg bubur yang akan dibagikan kepada 600 orang.

Kue Apem di Surabaya

Kuliner khas lain yang menjadi tradisi di bulan Ramadhan adalah makan kue apem bersama di Surabaya. Beberapa keluarga dan kerabat berkumpul bersama menjelang Ramadhan. Pada saat acara kumpul tersebut disajikan kue apem untuk dinikmati bersama. Setelah acara selesai, mereka bermaaf-maafan untuk menghadapi puasa di bulan suci.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?57008

Untuk melihat artikel Sana-Sini lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :

Tip Top