Masa pandemi yang berkepanjangan memberi perubahan pada dunia pendidikan terutama anak sekolah

Sistim belajar tatap muka bersama guru dan teman-teman kini berubah menjadi sekolah online di rumah melalui aplikasi zoom .

Menyiasati hal tersebut bagaimana agar anak-anak tetap nyaman belajar di rumah. Verra Victoria, pelaku UKM sekaligus pakar desain interior memaparkan bagaimana menciptakan ruangan yang nyaman bagi anak-anak untuk sekolah daring di rumah.

“Ada begitu banyak keseruan yang terlibat dalam mendesain dan mendekorasi kamar anak anda, dari memilih warna yang tepat hingga memilih tema, furniture dan penempatan ruang, ” terang Verra.

Memurutnya, menata ruangan untuk anak juga disesuaikan dengan fungsinya demi psikologi anak, kata dia, “Dengan sedikit pemikiran, anda akan dapat memastikan bahwa kamar anak anda tidak hanya terlihat bagus, tetapi juga berkontribusi pada perkembangan mereka secara keseluruhan, ” katanya.

Verra menambahkan, “Pertimbangkan dengan cermat detail dekorasi kamar anak anda,” imbuhnya.

Menurutnya penelitian telah menunjukkan bahwa menata ruangan dengan baik dapat meningkatkan efisiensi pribadi, meningkatkan suasana hati, mengembangkan bakat, dan bahkan membantu mendidik anak-anak.

Verra mengaku, dalam mendesain ruangan untuk anak-anak menggunakan elemen dari mulai bentuk, garis, warna, tekstur hingga gambar atau simbol yang akan memiliki efek psikologis pada kepribadian dan suasana hati anak.

“Dengan beberapa perencanaan anda bahkan dapat mempengaruhi sensasi visual, auditori, persepsi, dan penciuman dan memperkuat perkembangan kognitif, ” terang Verra yang telah malang melintang kiprahnya di dunia desain interior sejak tahun 2015.

Verra berusaha mendesain suatu ruangan sesuai kebutuhan dan style bersama pengalamannya dengan desian interior residential dan kamar untuk anak.

“Senang sekali bisa mendesain kamar anak karena melakukan sesuatu yang imajinatif di masa Pandemi seperti sekarang ini anak – anak secara psikologi sangat berpengaruh perkembangannya terutama dalam hal bersosialisasi secara langsung yang sulit dilakukan seperti sebelum adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap pertama dan kedua, kegiatan belajar mengajar pun kini dilakukan melalui Meeting Zoom yang sifatnya Online, ” katanya.

“Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa kamar tidur yang penuh dengan mainan dan barang mainan lainnya dapat berdampak negatif pada tidur anak, sementara ruang belajar dengan tempat tidur yang nyaman mengganggu fokus anak,” terang Verra.

Maka dari itu, tata ruang dari kamar anak sangat memegang peranan penting saat ini dalam proses perkembangan psikologi dan minat belajarnya.

“Bersamaan dengan estetika, pastikan untuk merancang dengan mempertimbangkan fleksibilitas sehingga anda dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan anak anda dan memodifikasinya dengan mudah saat anak anda terus tumbuh, ” pungkas Verra.