Jika pandemi masuk dalam kategori musibah. Berarti musibah ini membawa berkah tersendiri bagi rumah makan yang satu ini. Berkat pandemi, Bakmi Palu, harus mengeluarkan menu baru sekaligus penyelamat, Bakmi Frozen. Tanpa dinyana, menu ini mendulang sukses sampai tahun kedua pandemi.

“Satu-satunya strategi kita supaya bertahan di awal pandemi tahun 2020 ya bakmi frozen ini dan syukurnya dapat berjalan dengan baik sampai saat ini,” kata Irawan, Owner Bakmi Palu, beberapa waktu lalu kepada KABARI.

Diawal pandemi, dimana orang-orang takut untuk keluar rumah. Restoran juga banyak yang tutup. Makanan Frozen menjadi pilihan utama. Tidak perlu keluar rumah dan praktis untuk disajikan. Tinggal pesan di marketplace atau service makanan online, makanan dapat ke rumah.

Bakmi Palu Frozen melayani pelanggannya di wilayah Jakarta. Tidak hanya di ibukota saja, melainkan sampai ke luar kota seperti Bandung, Surabaya, Bali, Palembang, dan kota lainnya. Bahkan Bakmi Palu memiliki reseller di Singapura khusus Bakmi frozen. Bakmi frozen Bakmi Palu bisa tahan satu bulan di freezer, satu minggu di chiller dan 24 jam di suhu ruangan.

Nah, Bakmi frozen hanya salah satu menu jagoan dari resto ini. Selain frozen, resto ini pastinya menghadirkan menu Bakmi Babi Tore sebagai andalannya dengan pork belly yang maknyus! Dari semua pork belly yang ada di Jakarta, Pork Belly Bakmi Palu mempunyai rasa yang berbeda, asin gurih dan juicy tetapi kulitnya garing. Pork belly yang lainnya juicy tidak garing atau sebaliknya. Babi Bakmi Palu dipanggang tidak terkontaminasi dengan minyak goreng.

Bakmi yang digunakan di-request khusus dari rekanan yang levelnya pabrik dan bukan home indutry. Bakmi Palu memilih yang mie pabrikasi karena mempertimbangkan dari sisi kestabilan. Maksudnya mie pabrikasi, mie yang diproduksi stabil, baik itu ukurannya, diameter, dan teksturnya stabil.

Bakmi Palu, kata Irawan, aslinya besar di Palu, tetapi ketika mie itu sampai Jakarta kita harus menyesuaikan dengan lidahnya orang Jakarta, dimana mereka tidak suka mie yang terlalu besar. Bakmi Palu pun membuat mie dengan ukuran medium dan kecil seperti indomie.

Untuk jenis-jenis bakminya, Bakmi Palu membagi dalam dua kategori besar pertama yaitu menu Dine In dan frozen. Untuk yang Dine In, menu andalannya adalah Bakmi Palu, Bakmi Rica, dan menu modern untuk kalangan anak muda bernama Nasi Babi Tore Truffle Sambal Matah.

Nasi Babi Tore Truffle Sambal Matah merupakan perpaduan daging babi yang empuk dan juicy ditambah sambal matah yang fresh dan disajikan bersama nasi putih dan telur mata sapi. ”Menu ini sangat simple dan dagingnya banyak, jadi pelanggan bisa puas,” kata Irawan.

Harga Bakmi Palu dibanderol Rp.55.000 untuk porsi satu orang. Kalau ada pelanggan yang doyan makan bakmi, resto ini juga menyediakan porsi medium. Selain menu unggulan, ada pula menu Bakso goreng yang diisi dengan daging babi dan udang.

Oh iya, untuk pelanggan yang muslim tersedia juga menu seperti Bakmi Ayam Kampung dan Bakmi Ayam Cincang. Semuanya terpisah mulai dari mangkoknya yang terpisah minyak, dan adukannya pun dibedakan dari menu untuk yang non-muslim.

Bisnis Keluarga

Bakmi Palu merupakan bisnis keluarga. Banyak anggota keluarga Irawan yang suka dan mahir dalam membuat makanan khas Palu, Sulawesi. “Waktu di Palu, kita sudah biasa makan mie Palu, tetapi belum kepikiran untuk membuat restoran seperti sekarang ini,” katanya.

Setelah di Jakarta, barulah terpikir untuk menjual bakmi khas palu. Di Jakarta sendiri banyak jenis mie dan di tahun 2018, Bakmi Palu pun pertama kali hadir di Ruko Elang Laut Boulevard. Selang beberapa tahun, pindah lokasi ke wilayah Pantai Indah Kapuk 2 (PIK 2) tepatnya di Golf Island di depan masuk Pantjoran.

Alasan pindah PIK 2 karena wilayah ini menjadi tempat wisata baru di Jakarta. Apalagi di PIK 2 nantinya akan banyak perumahan dan akan menjadi sentra wisata dan bisnis. “Kita pikir Bakmi Palu harus pindah segera ke posisi yang strategis di Pantjoran,” kata Irawan. “Mudah-mudah Bakmi Palu dapat terus sukses di masa depan dan semakin dikenal banyak orang.”

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :