Lebih dari 15 tahun Ratih Puspitawati menggeluti bisnis kerajinan tangan . Yang awalnya hanya mengerjakan hampers dan suvenir, sekarang Ratih dengan Poes Craft-nya melebarkan sayap bisnis dengan mengerjakan aksesoris-aksesoris untuk butik.

Poes Craft mengerjakan suvenir pengantin selama 20 tahun yang lalu. Lambat laun karena suvenir pengantin banyak yang buat, Poes Craft pun mulai mengerjakan produk lain yang mulai spesifik.

“Kami pun membuat bros. Bros kami spesial karena terbuat dari segala bahan. Tanpa disangka, brand Poes Craft lebih dikenal dengan bros-nya dan kami juga mengkoleksi bros dari berbagai negara sehingga terus berinovasi sampai sekarang,” kata Ratih kepada KABARI.

Keistimewaan dari produk Poes Craft adalah semua produk dikerjakan secara handmade dengan detail yang rumit. Contohnya seperti Kambo Song yang merupakan manik-manik kecil yang disulam dengan indah.

“Memang pekerjaan ini rumit dan perlu ketelitian, presisi, kebetulan kami terbantukan oleh SDM yang mumpuni yang telah bekerja lebih dari 15 tahun jadi pengrajin. Jadi mereka sudah paham karakteristik Poes Craft dan itulah keistimewaan kami,” Imbuh Ratih.

Poes Craft dalam memasarkan produknya mengandalkan cara lama yaitu offline walaupun juga menempuh jalur online. Komunitas – komunitas menjadi semacam wadah yang membantu produk Poes Craft dan juga dibantu oleh kliennya yang memiliki 100 outlet.

Selain itu, Ratih juga rajin mengikuti pameran-pameran. Dari mengikuti banyak pameran, Poes Craft semakin dikenal dan berkembang. Dalam menjalin relasi dengan pelanggan, Poes Craft selalu melayani dengan hati, apabila ada kerusakan akan langsung diperbaiki secara gratis dengan free ongkir.

“Pelanggan kami banyak yang di atas 40 tahun dan lebih senang memegang barang langsung atau saat kami mengeluarkan produk dan share melalui facebook atau melalui grup WA, mereka sudah membayangkan kalau foto begini hasilnya kira-kira seperti ini, kalau berjualan melalui non-market place, mereka lebih paham bahwa kualitasnya seperti ini,” kata Ratih.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :