Pandemi virus corona atau Covid-19 kini tengah menjadi perhatian global. Jakarta merupakan zona merah dalam penyebaran Covid-19. sejak WHO menetapkan pandemi Covid-19, Pemerintah merespons cepat dengan menerbitkan kebijakan bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah dan wajib memakai masker.
Pada tanggal 10 April DKI Jakarta sebagai zona merah mulai menerbitkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Pendeta Gomar Gultom, Ketua Umum PGI, memberikan bantuan sosial sembako kepada warga RW 10 yang diwakili Lurah Karang Anyar Heru Supriyono.

Hal tersebut memberi dampak kepada masyarakat, tak hanya pada krisis kesehatan namun juga kepada pergerakan roda ekonomi yang terhenti. Banyak pekerja terkena PHK, serta pekerja informal yang penghasilannya berkurang dari sebelum terkena dampak covid-19.

Melihat kondisi tersebut akibat pandemi banyak sejumlah komunitas hingga relawan tersentuh hatinya untuk memberikan kepeduliannya, seperti membagikan masker kepada warga, memberi bantuan APD untuk tenaga medis sebagai garda terdepan, penyemprotan disinfektan, membagikan bantuan makanan kepada masyarakat terkena dampak pandemi covid-19.

Gerakan kebangsaan Indonesia bersama komunitas masyarakat sipil lintas Agama yang tergabung dalam GONG (Gerakan Gotong Royong Melawan Covid-19) peduli masyarkat terdampak covid-19.
“Kegiatan kita selama ini adalah penyemprotan disinfektan ke berbagai rumah ibadah seperti Gereja, Mushola, Masjid, Wihara dan juga daerah-daerah yang padat wilayah, seperti tempat tinggal untuk masyarakat sampai ke daerah Bekasi dan wilayah Jakarta lainnya,” ungkap Martine Dian, salah satu anggota Gerakan Kebangsaan Indonesia.

Selain itu, ia menambahkan, “Kita juga memberikan bantuan hand sanitizer dan masker kepada masyarakat yang membutuhkan dan juga termasuk ke perusahaan-perusahaan yang karyawannya berjumlah sangat besar untuk dibantu masker dan hand sanitizernya dan juga bantuan lainnya ke Rumah Sakit untuk para tenaga medis, dan juga untuk para pekerja informal, seperti pengemudi ojol, dkk,“ imbuhnya.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :