UMKM merupakan jenis usaha yang juga berdampak akibat pandemi sehingga banyak para pelaku ekonomi mengalami penurunan omzet penjualan. Untuk mensiasati hal tersebut banyak cara yang dilakukan UMKM, dari mulai bertahan, bangkit hingga promosi demi jalannya roda ekonomi.

Imelda Achsan, yang berprofesi sebagai publicist film adalah salah satu yang peduli dengan pertumbuhan UMKM di masa pandemi. Dirinya mendedikasikan sebagai penggiat UMKM dengan memberi pelatihan promosi kepada para pelaku UMKM dalam bentuk tulisan untuk menjadi seorang publicist terhadap produk yang dipasarkan.

Menurutnya, kemampuan menulis untuk mempromosikan produk yang dimiliki pelaku UMKM sangat dibutuhkan dalam hal pemasaran khususnya bagi yang promosi di jalur online.

“Awalnya memang tidak sengaja karena profesi awal saya kan memang jadi publicist, karena kebetulan ada teman yang memang mempunyai komunitas besar untuk terkait perempuan–perempuan UMKM dan kita banyak ngobrol, kita banyak diskusi pada sampai akhirnya kita menemukan satu ide bahwa perempuan UMKM ini memang harus belajar suatu hal yang di luar kebiasaan mereka, artinya tidak hanya mereka berdagang, mereka membuka usaha tetapi tidak ada salahnya mereka juga belajar sesuatu yang baru mengetahui knowledge untuk mempublikasikan mereka sendiri seperti personal branding semacam itu dan juga memiliki skill untuk menulis, copywriting itu sangat dibutuhkan pelaku UMKM.” ungkap Imelda.

Selain itu, ia menambahkan alasan terjun membantu para pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya.

“Keinginan untuk berbagi pengalaman, berbagi ilmu awalnya karena saya melihat bahwa yang saya dengar dari teman-teman pelaku UMKM mereka memang merasa memiliki keterbatasan untuk mempromosikan produk mereka karena minimnya budget, promosi kemampuan mereka untuk menulis juga mereka selalu bingung mau menulis dari mana bagaimana caranya menulis produk mereka supaya menarik untuk dibaca supaya orang mau membeli produk mereka,” katanya.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :