Hendraidjat Tjandra adalah seorang crafter yang sudah sejak tahun 2000 menekuni dunia kerajinan. Berawal dari hobi kemudian melanjutkan kursus di bidang kerajinan, akhirnya Hendra memutuskan untuk membuka usaha kerajinan craft yang diberi nama Inspiration Craft.

“Saya menekuni dunia craft ini dimulai awal tahun 2000, dan saat itu saya mulai kursus berbagai craft karena saya hobi kerajinan tangan, dari situ saya merambah macam-macam,“ terang Hendra.

Lebih lanjut ia menambahkan, “Ada sertifikat untuk ngajar juga itu ada lesson-nya dari Belanda, nah dari situ merambah lagi ke yang lain. Di Indonesia selama tahun 2000 dunia craft tidak mengalami kemajuan, dan baru aktif lagi tahun 2014, saat itu saya memperkenalkan decoupage yaitu seni menempel kertas atau tisu di atas media seperti kayu, kaca bahkan ada juga di kain-kain,“ imbuhnya.

Kerajinan yang sudah dibuat Inspiration Craft antara lain: hiasan dinding, jam dinding kemudian souvenir lainnya hingga membuat lilin.

“Untuk pemasaran kita suka ikut bazar di JCC, kebetulan saya juga warga binaan dari BUMN kita ikutan, atau kita diajak dari Pemprov DKI untuk ikutan Bazar atau kurasi kita ada pameran di daerah-daerah. Kalau misalnya online saya juga ada biasanya melalui IG atau FB,“ terang Hendra.

Selama masa pandemi, hendra mengungkapkan dirinya masih melakukan kegiatan kreatif dan tetap memproduksi barang kerajinannya untuk persiapan apabila pameran mulai dibuka kembali.

Ia berharap, pandemi segera berlalu sehingga dunia kerajinan tangan bisa berkembang lagi seperti waktu sebelum pandemi.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :