Julia Kusumawardani bisa dikatakan wanita dinamis dan kreatif yang menyukai hal-hal baru. Terbukti selain dirinya yang sibuk sebagai seorang pengusaha dan anggota dari Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), masih menyempatkan waktu untuk belajar bahasa isyarat disela-sela rutinitas kerjanya.

Dirinya belajar bahasa isyarat karena peduli terhadap kaum difabel yang menggunakan bahasa ini untuk berkomunikasi sehari-hari. Bahasa isyarat adalah bahasa yang alami yang menggunakan gerakan tangan dan ekspresi atau mimik yang umumnya digunakan bagi teman-teman penyandang tunarungu (tuli) dan tunawicara (bisu).

“Bahasa isyarat sangat penting apalagi untuk mereka karena itu menunjukan kesetaraan, kedua, mereka akan mengerti apa sebetulnya isi kalimat atau bahkan lagu karena dengan gerakan mimik mereka akan mengerti,” katanya kepada KABARI.

Lebih lanjut, dia menjelaskan perkembangan dan penggunaan bahasa isyarat di Indonesia sudah sangat baik. Hal ini bisa dilihat, contohnya di layar televisi dimana semua channel yang ada sudah menggunakan bahasa isyarat sebagai background-nya, jadi bagi pemirsa penyandang tunarungu dan tunawicara dapat mengerti.

Tentu bagi Julia yang tertarik dengan bahasa isyarat ini butuh proses waktu untuk mempelajarinya. Julia mengakui masih banyak kosa kata yang harus dipelajari dari guru pembimbingnya.

Untuk belajarnya, dia menjelaskan harus menguasai kalimat-kalimat biasa terlebih dahulu kemudian tambah vocabulary kosa kata, ketiga lalu dipraktekkan.

“Soal waktunya kapan kita mahir bahasa isyarat itu tergantung bagaimana orangnya dapat mempelajarinya atau tidak, kedua sering praktek atau tidak, sebabnya saya juga praktek dengan bahasa isyarat yaitu melalui lagu-lagu,” kata Julia.

Dan dengan adanya kemajuan teknologi dan masifnya sosial media sesungguhnya sangat terbantukan untuk lebih memajukan kaum difabel.

“Kaum difabel harus bisa dipekerjakan di tempat-tempat yang memang bisa dan berkarya, semua yang normal pun bisa belajar untuk kita menyetarakan mereka sama seperti kita,” pungkasnya.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :