Kampoeng Indonesia di Philadelpia merupakan sekumpulan Komunitas orang Indonesia yang bermukim di Philadelpia Selatan, Amerika Serikat.

Komunitas tersebut membawa misi untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia melalui tarian tradisional, melalui makanan khas nusantara, dan juga melalui fashion show batik, hingga bakti sosial.

Kampoeng Indonesia di Philadelpia ini pertama kali digagas oleh masyarakat Indonesia yang memiliki bisnis warung Surabaya/ Hardena, yaitu Dian Widjojo.

Sinta Penyami Storms adalah salah satu anggota komunitas yang juga memiliki organisasi tari yang dikenal dengan nama Modero, ia berkisah bagaimana awal mula komunitas ini terbentuk.

“Dicetuskan oleh teman kita yang mempunyai warung makanan namanya Hardena lebih dikenal sebagai warung Surabaya, kemudian kita berkumpul dengan teman-teman di komunitas Philadelpia ini, yang modero adalah organisasi saya, kemudian ada temen-temen dari Pecel Ndeso dan temen-temen dari White & Fern Flowers, dan juga (Indonesian Event Planning Collaborative) yang kita selalu bekerja sama kalau ada even-even seperti wedding, dll.” terang Sinta.

Di tengah pandemi, Kampoeng Indonesia Philadelpia gotong royong membantu teman – teman yang kehilangan pekerjaannya akibat dampak dari Covid-19.

“Pada masa pandemi ini banyak teman – teman komunitas yang kehilangan pekerjaan karena tempat kerjanya tutup dan juga tempat kerja mereka tidak membutuhkan banyak karyawan jadi mereka ini ga punya uang untuk membeli makanan, jadi kita sama- sama tergerak untuk membantu komunitas, kita mengumpulkan uang dan kita bagikan paket sembako yang isinya seperti beras, minyak goreng, telur,roti, indomie, gula, sayur-sayuran dan lain sebagainya,” kata Sinta.

Gerakan peduli ini pun dapat bantuan dari masyarakat Indonesia lainnya di luar Philadelpia, seperti, Komunitas Gereja di Philadelpia, PSI (Persatuan Sahabat Indonesia) di San Francisco, California, dan komunitas Indonesia lainnya yang juga berada di Philadelpia.

Menggaungkan kebersamaan serta gotong royong, komunitas masyarakat Indonesia di Philadelpia ini tetap konsisten menjaga serta melestarikan aneka ragam budaya Indonesia dan mempromosikan ke dunia, khususnya Amerika Serikat.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini: