Pada gelaran Kelana Wastra Fashion Festival 2024 (KAWFEST 2024), Kaloka menunjukkan keberanian dan kreativitas dalam industri fashion Indonesia.

Leny Rafael dan Kevin, duo di balik brand Kaloka, menghadirkan sebuah penampilan yang memikat dengan koleksi bertajuk “Alun Kalamantha”, terinspirasi dari keindahan pulau Maratua, yang sering disebut sebagai Maldive-nya Indonesia.
“Alun Kalamantha yang terinspirasi dari pulau Maratua. Kita mengeluarkan warna – warna laut Kita tetap memakai koleksi buat anak – anak muda milenial yang bisa dipakai untuk universal,” kata Leny.

Kaloka

Koleksi ini membawa audiensi untuk merasakan keindahan laut dan pantai melalui palet warna yang menggambarkan suasana alam Maratua. Dari biru laut hingga warna pasir, koleksi ini merupakan kelanjutan dari seri sebelumnya, dengan tetap mempertahankan estetika.

“Kita menampilkan 11 koleksi dengan filosofi sesuai namanya Alun yang artinya gelombang, Kalamantha berasal dari bahasa sansekerta dari pulau Kalimantan, jadi kita menggabungkan gelombang dengan tenun – tenun yang ada di pulau Kalimantan,” tambahnya

Konsep Alun dihubungkan dengan kekayaan budaya Kalimantan melalui penggunaan tenun tradisional. Teknik slaising yang digunakan pada jeans menciptakan kesan gelombang atau ombak, sementara patchwork dengan paduan warna biru tua dan biru muda menggambarkan kedalaman dan keindahan air laut. Bahkan, look dengan warna krem dipadukan untuk menciptakan gambaran keindahan pasir, merefleksikan kecantikan alam Maratua.

Kaloka

Kehadiran Kaloka dalam KAWFEST 2024 juga menandai dukungan dari BUMN Jakarta sebagai wadah bagi UMKM untuk belajar, berkembang, dan naik kelas. Dengan dukungan yang diberikan, Kaloka mampu menunjukkan progres yang luar biasa, menegaskan potensi besar UMKM dalam industri kreatif Indonesia.

Melihat ke depan, harapan Kaloka terhadap kain wastra Indonesia adalah agar dapat diterima dan dicintai oleh semua kalangan.

“Harapan kita adalah kain wastra Indonesia bisa dipakai disemua kalangan di event apapun juga dan lebih dicintai. Dari lokal brand dan bisa menjadi lokal global, intinya adalah wastra Indonesia bisa dipakai jenis pakaian apa saja yang bisa dipadupadankan di semua acara dan juga bisa dipakai oleh semua kalangan yang bisa membeli dengan harga yang tidak mahal,” pungkasnya.

Artikel ini juga dapat dibaca di Majalah Digital Kabari Edisi 200

Simak wawancara Kabari bersama Leny Rafael dan Kevin di bawah ini.