Kuliner khas tanah pasundan tak terbilang banyak jenisnya. Pun dengan peminatnya yang tak pernah sepi. Nah, yang suka masakan Sunda, tidak salah jika mampir ke Restoran yang bernama “Pondok Daon Pisang”, yang berada di Jalan Gunung Sahari Raya No. 25C, samping kantor Pajak Sawah Besar 2, Pratama, Jakarta Pusat.

Restoran “Pondok Daon Pisang” yang baru buka pada 25 Mei 2021 lalu ini menyediakan masakan yang didominasi makanan Sunda dan juga masakan Nusantara seperti masakan Manado dan Sumatera.

Masuk ke restoran tersebut, Anda akan disambut ramah pelayan restoran. Ada pilihan untuk Anda bisa duduk di restoran Pondok Daon Pisang, baik duduk di kursi maupun duduk lesehan, yang tentunya jarak kursi sudah diatur sesuai dengan Protokol Kesehatan (Prokes) yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
Begitu juga Lukisan pohon pisang yang dapat lihat di dinding restoran tersebut, menambah kesejukan orang untuk menikmati kuliner khas Pondok Daon Pisang.

Anda yang perokok pun bisa makan di restoran tersebut di lantai 2 Outdoor Restoran sambil menikmati pemandangan jalan Gunung Sahari.

Restoran ini buka dari jam 9 Pagi sampai jam 8 Malam. Anda yang ingin mengadakan rapat, merayakan ulang tahun, reunian, arisan, dan pesta Wedding kecil, bisa menggunakan restoran Pondok Daon Pisang untuk acara anda. Plus fasilitas Wifi untuk mendukung anda dalam bekerja atau berkomunikasi online.

Anda bisa menikmati makanan mulai dari harga Rp 7 ribu sampai Rp 120 ribu per item. Kalau paket makanan/kuliner mulai dari Rp 30 ribu. Sembilan karyawan restoran Pondok Daon Pisang siap melayani anda untuk makanan Sunda yang Anda sukai.

Vero Taslim selaku Owner Pondok Daon Pisang kepada Lindo di Restorannya, mengatakan kepada KABARI bahwa restorannya dinamakan Pondok Daon Pisang, selain agar nama restorannya dapat selalu diingat konsumen, menurutnya Pohon pisang dari mulai daunnya, batangnya, buahnya, jantungnya, sampai akarnya, berguna semua. Bisa tumbuh di mana saja, di tanah kering bisa tumbuh, daunnya bisa mengayomi orang dari kehujanan.

“Daun Pisang itu humble banget, bisa untuk tempat makan, kita putuskan memberi nama Daun Pisang. Karena bahasa Sunda, maka menjadi Daon Pisang,” ungkap Vero Taslim.
Restoran Pondok Daon Pisang lanjutnya, ada nasi uduk, ada Sop buntut, Sop ayam, Sop ikan, Karedok. Ada Pepesan, seperti Pepes Tahu, Pepes Teri, Pepes Usus. Ada juga Bakwan Goreng, Ayam Goreng, Gurame Bakar dan menu lainnya.

“Makanan andalan kami, yaitu Nasi Uduk, Ayam Goreng, Sop Buntut. Ikan Bakar seperti Ikan Gurame Bakar. Tentunya makanan kami dengan bumbu dan Rempah yang banyak. Begitu juga dengan sayur, ada Sayur Asem, Sayur Lodeh, ditambah Sayur Bunga Pepaya, Kuah Asam Ikan. Kami juga bisa menyediakan masakan Nusantara lainnya, seperti masakan Manado,” ucap Vero. “Resep masakan kami ini berasal dari resep keluarga, jadi sekaligus ingin mewariskan resep masakan dari orang tua.”

Restoran Pondok Daon Pisang sebagai restoran keluarga tambahnya, juga banyak dikunjungi anak muda. Mereka (anak muda) suka dengan paket Nasi Uduk dengan Ayam Goreng.

“Untuk bakwan jagung, kami pakai jagung madu, kita ingin barang yang berkualitas untuk konsumen. Untuk masakan Manado, kami juga akan buat Ikan dan Ayam Woku, Sop Manado, semur daging, pokoknya masakan Nusantara,” ujarnya.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :