Chef Charles Toto, seorang pakar kuliner yang tergabung dalam komunitas Papua Jungle Chef, memperkenalkan kuliner yang dibuat dari bahan dasar khas Papua seperti sagu ke mancanegara.

Papua dikenal dengan makanan khasnya yaitu Papeda yang terbuat dari sagu, selain itu, masyarakat Papua mengenal sejumlah makanan lokal, seperti sagu, ubi jalar, keladi, singkong dan pisang.

“Kami bikin satu komunitas namanya Papua Jungle Chef, komunitas yang mengumpulkan bahan-bahan makanan lokal Papua yang kami akan memperkenalkan kepada masyarakat nasional di Indonesia sendiri bahkan masyarakat internasional untuk tau tentang apa yang menjadi kepunyaan orang Papua baik itu resep masakan atau beberapa bumbu-bumbu yang betul-betul khas dari Papua,” ungkap Chef Charles.

Chef Charles menggelar demo masak yang terbuat dari bahan makanan lokal khas Papua, “Demo masak makanan kebetulan kami bikin sendiri dari tepung ubi jalar dengan tepung keladi, atau tales itu yang kita bikin jadi Pancake atau dari bahan-bahan lokal, kami juga ada garam dari tanaman dari nypa atau mangrove (Bakau) palem,” katanya.

Ia menambahkan, “Kebetulan menu yang kami bawa bagaimana bahan lokal Papua kita buat jadi modern, hari ini kami ada bikin pancake dengan berbahan dasar dari keladi atau taro atau dari ubi jalar. Ini yang coba kami kembangkan bagaimana untuk memperkenalkan makanan Papua ke luar negeri,” imbuhnya. 

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :