Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet.

Hasil dari proses tersebut nantinya akan dikeringkan, diproses, dan diawetkan dengan berbagai macam cara. Dari sebuah susu dapat diproduksi berbagai variasi produk keju. Produk-produk keju bervariasi ditentukan dari tipe susu, metode pengentalan, temperatur, metode pemotongan, pengeringan, pemanasan, juga proses pematangan keju dan pengawetan. Umumnya, hewan yang dijadikan sumber air susu adalah sapi. Air susu kambing, dan sapi digunakan beberapa tipe keju lokal.

Ayu Utami Linggih seorang wanita lulusan sekolah teknik pangan di Australia membuka usaha proses pembuatan keju yang berlokasi di Bali.

Mengawali karirnya, ia berkisah, “Pada saat waktu kuliah ga kepikiran untuk nanti selesai kuliah bakal produksi keju dan kebetulan orang tua saya, terutama Bapak saya itu suka banget makan keju, kalau makan bread selalu dicampur dengan madu, keju dan lain-lain. Mungkin ada pengaruh juga dari Bapak saya. Pada saat saya sekolah belum kepikiran, tapi pada saat saya selesai sekolah saya mulai kepikiran apakah saya harus stay di Australia atau saya harus balik ke Indonesia,” kata Ayu.

Selain itu, ia menambahkan, “Dengan latar belakang saya sebagai entrepreneur otomatis orang tua saya akan mendukung dan memberikan support,” imbuhnya.

Menurut dia, Indonesia kaya akan sumber susu, baik dari susu kambing hingga susu sapi, namun dinilai Ayu belum banyak orang yang mengolah hasil susu tersebut menjadi sesuatu yang bisa menjadi makanan populer. “Akhirnya saya pulang dan melihat tantangannya, jadi kita mulai produksi pada waktu itu jenis keju dari mulai mozzarella, pokoknya semua jenis keju coba kita buat dan dilihat ke market-nya mereka kira-kira butuhnya yang mana, akhirnya kita lebih spesifik ke keju yang mana kita buat,” kata Ayu yang kini memiliki usaha keju dengan nama rosaliecheese.co.id.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :