Masakan Indonesia merupakan salah satu tradisi kuliner yang paling kaya di dunia dan penuh cita rasa yang kuat.

Ika Jaeger, seorang masyarakat Indonesia yang tinggal di Jerman sebagai salah satu pecinta kuliner yang mengenalkan masakan Indonesia di Jerman melalui kursus yang diadakan di sekitar lingkungan rumahnya sebagai pengajar kuliner Indonesia.

Berawal dari nasehat seorang ayah terhadap anak perempuannya, Ika Jaeger pun menganggap nasehat tersebut sebagai warisan untuk dirinya. Sehingga akhirnya memasak menjadikan suatu hobi bagi Ika.

“Saya perempuan satu-satunya, Bapak mewariskan nasehat kuno bahwa perempuan harus bisa masak. Jadi setiap Ibu memasak, saya harus ikut di dapur, juga liat dia masak sampai akhirnya masak itu sesuatu yang buat saya senang,” ungkap Ika.

Sejak menikah dan masih berpindah-pindah negara untuk menetap dari mulai di Bangkok, Beijing, Swiss hingga akhirnya menetap di Jerman bersama suami, ika mulai menekuni dunia masak yang kesehariannya tinggal di rumah.

“Sejak menikah saya jauh dari saudara, sejak itu hobi memasak saya mulai disalurkan jadinya ya harus masak sendiri, dari situlah saya senang kuliner dan memasak di rumah,” ujar Ika yang pernah bekerja sebagai akunting.

Ia menambahkan, “Kegiatan saya di Jerman sebagai Ibu rumah tangga tapi mengajar masakan Indonesia di salah satu sekolah di wilayah kami tinggal di jerman,” imbuhnya.

“Di setiap wilayah di Jerman ada sekolah yang disebut dengan sekolah rakyat untuk warga di sekitar situ untuk menyalurkan hobinya, jadi ada fotografi, ada menjahit dan ada juga kursus memasak yang diadakan oleh mereka, saya salah satu pengajar di sekolah itu yang mengambil spesial masakan asia,” ungkap Ika.

Selengkapnya Klik Video Berikut: