Banyak yang suka binatang yang satu ini. Selain lucu dan menggemaskan, kucing bisa dikatakan hewan peliharaan terpopuler di dunia. Memeliharanya pun bisa memberikan manfaat yang salah satunya adalah menumbuhkan sikap komitmen dan melatih tanggung jawab.
Hal ini seperti yang diceritakan Susan yang sejak 10 tahun memelihara kucing. Baginya kucing tak hanya sekedar hewan peliharaan yang lucu namun banyak memberikannya pelajaran.

“Saya suka sama kucing karena kucing itu lucu dan menggemaskan, alasan lainnya karena ingin punya hewan peliharaan juga melatih kita biar bisa tanggung jawab sama diri kita sendiri, kita bisa lebih empati juga sesama makhluk hidup,“ terang Susan kapada KABARI.

Selain itu dengan memeliharanya dibutuhkan komitmen dari mulai adopsi dan banyak perawatan yang harus dilakukan agar hewan peliharaannya terlihat sehat dan bahagia.

Susan melakukan perawatan terhadap kucing kesayangannya, mulai dari memeriksa gangguan kesehatan yang rentan menyerang kucing seperti misalnya mudah dehidrasi, flu hingga sariawan. Menjadwalkan vaksin secara rutin, menjaga kebersihan rumah kecil atau ruangan khususnya untuk kucing, menjaga makanan dan minumannya, memandikan dan menjaga kebersihan badan kucing serta memenuhi seluruh kebutuhan kucing.

Selain itu, menyisihkan waktu untuk bermain dengan kucing sehingga mengenali berbagai kebiasaan kucing.
“Pastinya setelah pertama kali adopsi itu kita harus melakukan medical check up ke dokter hewan. Di cek kalau misalkan kucing itu ada penyakit atau kena virus itu bisa diobatin. Kucing juga perlu divaksin, karena vaksin itu dilakukan secara rutin umurnya sudah setahun ke atas. Tapi kalau baru pertama adopsi dan belum divaksin sama sekali, vaksin sebulan sekali sampai 3 kali dan termasuk vaksin rabies,“ tutur Susan.

“Dan pastinya grooming, grooming itu harus rutin, karena kita manusia juga harus rutin supaya bersih badannya, minimal kalau kucing itu tidak harus seminggu sekali tapi pastinya dua kali seminggu. Dan kalau misalkan kucing tidak kotor banget bisa tiga kali seminggu, kemudian di lihat little box nya, pasirnya juga dan kandangnya,” tambahnya.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :