Probiotik adalah bakteri yang membantu menyeimbangkan microflora organisme di dalam sistem pencernaan. Dalam kondisi normal, manusia memiliki 400 jenis probiotik dalam sistem pencernaan. Sebagian besar probiotik di dalam pencernaan adalah bakteri asam laktat (biasa ditemukan di yogurt). Ragi juga termasuk probiotik.

Erina dan Tita adalah dua wanita diaspora Indonesia di Amerika yang terinspirasi untuk membuat minuman probiotik untuk kesehatan tubuh.

Erina Aziz, dikenal dengan Kombucha Momma, ia tinggal di Ithaca, NY selama lebih dari 27 tahun, dimana Erina mendapat gelar doktor dari Cornell University.
Sejak 2015 Erina memutuskan untuk setiap tahunnya membagi waktu separuh di Jakarta. Dua anaknya masih tinggal di Amerika, dan suaminya masih mengajar di Cornell University di Ithaca, NY, dan Universitas Indonesia.

Keinginan Erina untuk berbakti kepada masyarakat Indonesia disalurkan melalui kampanye kesadaran nutrisi dan gaya hidup sehat, dimulai di lingkungan teman dan keluarga terdekatnya.
Oleh dokter dan ahli nutrisi di AS, selain rejimen makanan antiinflamasi, putri Erina yang menderita autoimmune memang diharuskan mengonsumsi probiotik hidup yang tidak mengandung susu.
Terinspirasi oleh kemajuan kesehatan putrinya, Erina mulai menjadi duta besar probiotik hidup dan makanan fermentasi.

Erina percaya kepada pendekatan bahwa mikrobiom memengaruhi kesehatan fisik dan jiwa manusia, dan bereksperimen dengan berbagai metode dan makanan fermentasi untuk mengambil manfaat prebiotik dan probiotiknya. Menurut Erina, proses fermentasi membuat makanan sehat menjadi semacam ‘super food.’
Pun demikian dengan Tita Chusnun, Tita dan Erina pertama bertemu di Ithaca, NY, di mana Tita tinggal selama enam tahun untuk menemani suami menyelesaikan program doctor di Cornell University. Meskipun beda generasi umur, dua wanita ini kemudian bersahabat erat karena kecocokan dalam gaya hidup sehat dan cara mendidik anak.

Ibu dari dua anak , filosofi hidup Tita didasarkan kepada filosofi Aesop yang mengatakan “perbuatan baik tidak pernah akan sia-sia”.

Tita memulai kerja sosialnya di bidang pendidikan, dengan memulai klub anak berkegiatan membaca dan menulis here we write di Jakarta, lalu membantu Erina dengan kegiatan kampanye konsumsi probiotik karena selain ingin menyebarkan informasi gaya hidup sehat kepada masyarakat, Tita percaya bahwa kombucha juga telah membantu anggota keluarganya menjadi lebih sehat.

Penelitian medis membuktikan bahwa probiotik di kombucha dapat membantu menyehatkan pencernaan, menyembuhkan maag, mengobati sembelit (konstipasi), dan melangsingkan tubuh. Asam asetat, potasium, magnesium dan probiotik terkandung dalam kombucha juga dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah, mengatur tekanan darah tinggi dan membersihkan hati (liver).