Wushu bagi wanita berumur 19 tahun ini lebih dari olahraga biasa. Wushu banyak menawarkan banyak fungsi kesehatan bagi yang melakukannya, termasuk dirinya. Wushu bisa melatih keseimbangan tubuh, melatih stamina, kekuatan, keseimbangan otak, dan masih banyak lagi.

Ya! Wushu tak asing lagi bagi Janice Dara. Dirinya sudah mengikuti seni beladiri Wushu ini sejak umur 8 tahun. Awalnya sih bukan karena dorongan hati, tetapi karena disuruh orang tuanya supaya ada kegiatan olahraga di luar sekolah. Namun dalam perkembangannya Janice mulai enjoy di Wushu dan terus berlanjut sampai sekarang.

Wushu, kata Janice, adalah seni beladiri dari negara China. Wushu itu ada dibagi dua, ada yang fight dan ada yang keindahan. Janice ikut yang Wushu untuk keindahan atau taolu.

“Jadi taolu itu bukan untuk yang fight atau berantem sama orang tapi itu benar-benar untuk perform menunjukkan keindahan,” kata Janice yang pernah ikut tanding di Singapore dan mendapatkan dua medali emas. Sementara yang fight itu beda lagi, lebih seperti boxing. Dan di taolu itu juga ada senjata-senjata seperti pedang, tombak, golok, kipas dan yang lainnya.

Janice yang mengajar Wushu di Yayasan Inti Bayangan ini bercerita teknik dasar dalam seni beladiri Wushu. Tekniknya terbilang banyak, namun teknik dasarnya ada yang pukulan, tendangan ada yang ke depan, ada yang tendangan ke luar sabetan-sabetan, kuda-kuda, dan teknik lainnya.

“Semua itu dapat kita pelajari jika tekun dan rajin melakukannya,” katanya.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :