Robert Manan, masyarakat Indonesia di Atlanta, Amerika Serikat mempromosikan kuliner Indonesia melalui organisasi nirlaba. Sebelum terjun ke dunia kuliner, Robert pernah bekerja di bidang furniture milik keluarga.

Ia berkisah, “Saya memulai usaha itu setelah lulus SMA kemudian saya mengambil pendidikan manajemen di Akademi dan setelah itu saya melanjutkan usaha furniture papah yang dari workshop sejak tahun 1983 dan saya kembangkan hingga sekarang,” terang Robert.

Lebih lanjut ia menambahkan, mulanya workshop yang sederhana Ia kembangkan menjadi sebuah pabrik yang luasnya kurang lebih sekitar dua hektar.

“Disanalah kita melakukan modernisasi memakai mesin-mesin dan merupakan perusahaan furniture pertama di Asia dan terus berkembang,“ imbuhnya.

Pada tahun 1996 perusahaan furniture Robert merupakan perusahaan yang mendapat sertifikasi Iso 1991 di Asia. Tak hanya sampai disitu, Robert terus mengupayakan perkembangan usaha furniture hingga ekspor ke mancanegara.

“Tahun 2001, distributor kami di Atlanta itu pensiun dan menjual perusahaannya, jadi sebelum dia jual beliau menawarkan kami untuk pindah ke Atlanta. Kemudian kami sekeluarga memutuskan untuk pindah ke Atlanta dan membuka usaha. Setelah itu Fifi yang mengembangkan usaha ini, jadi saya memegang usaha itu sampai tahun 2005 dan selanjutnya udah Fifi yang jalani dan kembangkan dengan timnya,“ katanya.

Tertarik dengan dunia kuliner, Robert mengawalinya pada tahun 2009 bersama teman-teman Chef di Indonesia yang tergabung dalam organisasi Indonesian Chef Association.

“Disanalah kita diskusi, kita mengadakan acara lomba masak setiap tahunnya, dan juga di tahun 2012 dengan adanya Indonesian Diaspora movement yang diinisiasi oleh Pak Dubes Dino Patti Jalal itu kami lebih serius lagi membahas tentang bagaimana menduniakan kuliner Indonesia,“ terang Robert.

Masakan Indonesia merupakan salah satu tradisi kuliner yang paling kaya di dunia, dan penuh dengan cita rasa yang kuat.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :