Membuat kerajinan tangan dari kertas Koran bekas merupakan kreasi yang bermanfaat. Koran bekas yang sudah tidak terpakai dan masa terbitnya sudah berlalu menjadi barang yang banyak terbuang di lingkungan sekitar kita.

Menggunakan keterampilan tangan dengan menggulung dan menganyam, Ir. Lynde Sitepu seorang crafter mengubah kertas Koran bekas menjadi produk unik yang bernilai jual.

Usaha kerajinan yang diberi nama Rynde Craft merupakan kerajinan daur ulang dari Koran bekas. “Kertas koran bekas yang melimpah terus dijadikan sesuatu yang berguna menjadi indah dan bermanfaat, berguna dan bisa juga menghasilkan uang,“ ungkap Lynde.

“Saya memulai kerajinan ini sejak tahun 2012 karena saya resign dari kantor, sesudah itu saya merasa tidak ada kerjaan dan saya berusaha mencari kegiatan jadi saya mendapatkan Koran yang berlimpah di rumah dan kertas – kertas lalu saya belajar dari Youtube, saya coba, akhirnya menghasilkan sesuatu karya dan menambah penghasilan keluarga,” katanya penuh semangat.

Selain itu , ia juga mengungkapkan keistimewaan dari produk yang dibuat adalah dari bahan limbah yang memang sudah tidak terpakai dan menjadi barang yang terbuang kemudian diolah menjadi produk kerajinan yang bernilai seni indah dan memiliki nilai jual.

Barang yang sudah dihasilkan menjadi produk bermanfaat dari lintingan dan anyaman kertas Koran bekas di antaranya aksesoris kalung, topi, pernak – pernik serbaguna dan masih banyak lagi produk unik lainnya.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :