Kuliner merupakan ragam makanan yang paling dicari kebanyakan orang, peluang bisnis kuliner pun banyak diminati oleh sekian banyak pemuda dengan beragam konsep menu dan tata ruang yang berbeda.

Sammy Sugiono (26) misalnya, tertarik dengan dunia bisnis kuliner berawal dari Sammy biasa ia disapa, yang doyan makan namun tidak bisa memasak, lalu ia berkolaborasi dengan temannya yang memang memiliki latar belakang suka dengan kuliner, Sammy sendiri memiliki kesibukan sebagai karyawan kantoran di bidang konstruksi. Ia dan temannya memiliki kesibukan yang berbeda menciptakan bisnis kuliner yang bertajuk Ravelle di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Selain itu, Sammy mengaku mengapa ia memilih menu masakan western, “Mungkin kalau untuk makanan Indonesia dan Chinese gitu, di daerah sini sudah banyak, jadi mikirnya mau sedikit beda, dan juga dari background nya kita, saya dan temen saya (dia sekolahnya di Eropa) dan juga saya dari Australia jadi sedikit banyak berasa western nya. Jadi ada kecocokan di antara kita,” kata Sammy kepada Kabari.

Konsep menu yang memberikan sajian kuliner spesial Burger ini menyasar kepada anak muda, lanjutnya, kata Sammy, “Menu di sini bukan hanya western saja namun ada sajian kombinasi menu masakan Asia dan Western,” katanya.

Di tempat makan yang konsepnya dibuat untuk nongkrong ini, hidangan menu yang ditawarkan mulai dari Ravelle Benedict, Classic Benedict, Tex Mex Beff Burger, Ravelle Steak Frites, Grilled Half Chicken With Barbecue Sauce, hingga Ravelle Pork Belly Burger.

Menurut Sammy, menu yang paling populer dan banyak diminati di tempat makan ini adalah Ravelle Pork Belly Burger karena memiliki keistimewaan dari saus yang dibuat sendiri homemade dan spesial karena tidak ada di toko lainnya.

Sejak berdiri selama kurang lebih 1 tahun ini, Sammy memiliki cita-cita membuka cabang Ravelle di beberapa tempat di Jakarta. Café yang buka setiap hari pukul 09.00 WIB – 21.00 WIB dengan fasilitas wi-fi ini sangat cocok bagi anda yang berjiwa muda sempatkan mencicipi beragam sajian kuliner Burger Khas Ravelle.

Sammy yang saat ini sibuk dengan dunia kerjanya di bidang konstruski ini mengatkan jika ingin sukses berbisnis kuliner, “Jangan takut untuk mencoba, yang ada semangat, ada keuletan, kerja keras, jangan mau instan, asal kerja keras semuanya bisa tercapai,” pungkasnya.

Resep 
Bagi anda yang suka dengan Burger, yuk kita intip bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat burger dirumah.

  1. 140 gram Brioche Bun Burger
  2. 50 gram Carpaccio dressing yang terdiri dari:
    – Mustard pommery
    – Mayonaise
    – Balsamic vinegar
    – Gram dan Madu
  3. 50 gram Saus Barbeque terdiri dari:
    – Saus tomat
    – Bawang putih yang sudah dipotong tipis
    – Bawang Bombay yang sudah dipotong tipis
    – Gula merah bubuk
    – Gula putih
    – Crack Black Pepper, sedikit cuka
  4. 50 gram Onion Caramel terdiri dari :
    – Potongan Bombay Julien
    – Mentega
    – Balsamic vinegar
    – Gula, garam, merica
  5. Coleslaw terdiri dari:
    – Kol putih, kol merah, wortel, bahan ini semua dipotong tipis.
    – Mayonnaise, madu, gula, garam, merica
  6. Beef Paties terdiri dari :
    – Salada keriting untuk lettucenya
    – Tomat besar di potong-potong.

Nah, setelah bahan-bahan di atas, anda bisa menyusun burger kesukaan anda, untuk selengkapnya bisa anda simak di video resep Tex Mex Beef Burger, selamat mencoba!