Dunia digital memberi kemudahan bagi seseorang ataupun pemilik usaha untuk memperkenalkan brand maupun produk usahanya.

Soegimitro adalah seorang pakar digital branding yang cukup dikenal oleh banyak kalangan dan sudah malang melintang menggeluti dunia branding selama dua puluh lima tahun.

Ia menceritakan awal mula terjun di dunia branding. Sejak kecil pria lulusan arsitek ini memiliki hobi menggambar dan menganalisa karakter tokoh kartun superhero dan juga karakter seperti Hello Kitty dan lainnya.

Soegimitro berkisah, “Saya suka mempelajari kenapa binatang ini dijadikan ini, mempunyai karakter seperti ini dan bagaimana ekspresi mereka di dalam penggambarannya, itu yang membikin saya semakin lama memperdalam ilmu saya, dan saya juga mempelajari gerak gerik manusia sampai akhirnya saya bisa mengerti bagaimana orang membangun personal brand yang bisa sesuai dengan apa tujuan akhirnya,” terangnya.

Menurutnya, branding merupakan sesuatu yang diingat atau meninggalkan emosi di seseorang ketika benda atau barang itu tidak ada di depannya lagi, jadi brand bukan hanya logo bukan cuma sebuah nama tapi brand itu adalah apa yang diingat oleh orang lain.

Lebih jauh ia menambahkan, “Pentingnya brand di era digital adalah gampang terkenal dan orang harus membangun personal brandnya di dunia digital, memang ada beberapa orang akan membangun personal brand dengan sesuai karakter kehidupan sehari-hari. Jadi penting sekali orang untuk paham brand dan bagaimana cara untuk membrandingnya berarti mengenalkan branding dirinya untuk ke khalayak umum, itu penting sekali,” ujar Soegi.

Branding pada zaman dulu dan sekarang memang berbeda, branding zaman sekarang lebih cepat dan lebih mudah dikenal dibanding branding pada zaman dulu.

Dalam membangun sebuah brand yang sesuai dengan target orientasinya. Jika seseorang membangun brand dengan hati dan dengan kenyamanan itu akan bahagia sekali, tetapi kalau membangun brandnya itu dengan ketakutan, dengan kestresan dan banyak paksaan hidupnya tambah menderita nanti. Yang benar adalah tujuan akhirnya harus tahu kemana, tujuannya apa membangun ini.

“Jadi kalau kita mau melakukan branding untuk diri kita sendiri sekarang itu banyak yang free yaitu kita membangun media sosial kita sendiri tapi untuk membuat media sosial itu benar – benar menjadi bagus atau menjadi target audiens kita, kita harus banyak bereksperimen, kita harus banyak mencoba, kita harus berusaha menemukan kita tujuannya kemana,” kata pria yang mengidolakan karakter superhero Batman.

“Saya dari dulu sering ditanya orang cita-citanya mau jadi apa dan seperti apa dan yang pasti saya ingin jadi seseorang yang menginspirasi banyak orang, dan saya mengidolakan Batman, Batman adalah karakter superhero yang saya suka.”

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :