Pandemi virus covid-19 tak hanya mengancam kesehatan fisik namun juga kesehatan mental. Sejak pandemi, dunia pendidikan pun dialihkan menjadi belajar tanpa tatap muka atau istilah yang dikenal dengan sekolah daring, hal ini lah yang membuat mental anak berpengaruh kepada semangat belajar.

Raras seorang sarjana Psikologi berbagi tips bagaimana cara anak sekolah memiliki semangat belajar di tengah pandemi.

“Supaya anak tetap punya semangat belajar di rumah, ya menciptakan lingkungan yang kondusif di rumah, dalam arti supaya anak itu tetap betah dirumah untuk belajar jadi ciptakan suasana yang gembira di rumah, misalnya tidak harus melulu untuk belajar tetapi bisa juga diselingi untuk aktivitas-aktivitas yang lain yang menyenangkan bagi anak tergantung apa kesukaan anak tersebut,“ terang Raras.

Lebih jauh ia menambahkan, “Selaian itu bisa juga untuk membangkitkan semangat anak misal dengan diberikan seperti sistem reward, jadi seperti ketika anak berhasil menciptakan target tertentu kita sebagai orang tua bisa memberikan reward seperti pujian atau hadiah-hadiah kecil untuk anak supaya anak terus terpacu semangat belajarnya,“ imbuhnya.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :