KabariNews – Sampah memang identik dengan barang yang sudah tidak berguna dan dibuang begitu saja, namun bagi wanita cantik asal Jawa Barat ini sampah merupakan ladang penghasilan yang jika dikelola dengan baik akan menghasilkan banyak manfaat. Tak hanya terkait dengan lingkungan, namun juga ekonomi. 

Hal ini dibuktikan oleh Yeni Mulyani Hidayat pendiri Bank Sampah My Darling, kegigihannya mengumpulkan sampah untuk di daur ulang sebagai rasa peduli terhadap sampah membuat ia bisa meraup keuntungan.

Yeni berkisah, berurusan dengan sampah dimulai dari membakar sampah dan tiba-tiba terdengar bunyi ledakan keras dalam proses pembakaran sampah tersebut, setelah ditelusuri ternyata sampah tersebut dari botol bekas shampo.

“Saking kepengin punya uang , bagaimana saya menciptakan uang tapi dari sampah, dan kenapa saya berurusan dengan sampah? namnaya ibu rumah tangga selalu berurusan dengan sampah, segala sampah saya masukin kedalam tong sampah lalu saya bakar, saat saya bakar meledaklah bakaran itu sampai saya terpental sekitar tiga meter, saya pingsan, sampai tetangga kiri kanan datang dikira di jalan sultan agung ini dikira memproduksi bom karena ledakannya itu besar sekali,  setelah padam saya cari tau apa yang bikin meledak, ternyata botol-botol bekas shampo, “ kenang Yeni kepada Kabari di bilangan Jakarta Selatan.

Sejak kejadian itu, yeni mulai gencar mengumpulkan barang bekas untuk dikelola menjadi barang yang bermanfaat dan punya nilai jual. Selain memungut sampah sebagai sumber penghasilan ia juga berharap kota dimana ia tinggal menjadikan kota yang bersih dari sampah.

Bank sampah merupakan program pemerintah yang tersedia di setiap lingkungan RW setempat, semua jenis sampah kering boleh di tabung di bank sampah dari mulai botol plastik, kardus bekas, bekas kemasan hingga besi.

Menurut yani, menabung di bank sampah my darling bukan hanya sekedar menabung saja, namun fokus daur ulang menjadi barang yang bermanfaat serta punya nilai jual. Sampah di bank sampah tempatnya bisa dijadikan untuk kebutuhan fesyen berupa aksesories dan pernak pernik lainnya yang unik dan menarik.

“Sukses sejati buat saya, bilamana semakin banyak orang mau mendaur ulang sampah dari sumbernya, Indonesia bisa jadi negara yang bersih dari sampah, “ pungkas Yeni yang bangga jadi pemulung.