Tahun ini Market Square di Pittsburgh kembali hidup. Tempat yang lengang sejak awal pandemi itu kini mulai menghadirkan acara dan kembali dipadati oleh pengunjung. Salah satu acara yang menarik perhatian warga Pittsburgh dan sekitarnya adalah World Square – Welcoming All of Pittsburgh’s Neighbors.

Acara yang diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 10 – 12 Juni kemarin merupakan perwujudan ide dari Walikota Pittsburgh saat itu, Bill Peduto, di tahun 2014. Ini diharapkan dapat menjadi salah satu penggambaran bahwa kota Pittsburgh di Pennsylvania menyambut penduduk, semua imigran, semua komunitas internasional, menyatu hidup bersama. Di acara ini diharapkan kita bisa mengenal seni musik dan tari, kerajinan tangan, serta makanan khas dari berbagai negara yang ada di Pittsburgh. World Square terealisasi di tahun 2019.

Tahun ini salah satu yang ikut serta di World Square adalah Indonesia. Bukan hanya berperan serta dengan vendor yang menyajikan makanan khas dan tentunya seni Batik, tetapi juga tampil on stage. Membawa seni musik, menampilkan peragaan baju-baju daerah serta tarian Saman dari Aceh. Bagi kami, warga Indonesia yang tinggal di Pittsburgh, menonton langsung dan ikut berinteraksi, selain bangga juga ikut terharu.

Bangga karena komunitas warga Indonesia yang tampil mendapat sambutan yang sungguh meriah. Jessica Bella, Slamet Raharjo dan Saras Polce yang tampil pertama langsung menghangatkan suasana dengan membawakan 3 buah lagu dangdut sambil mengajak penonton bergoyang. Terharu saat menyaksikan bendera merah putih berkibar sambil mendengarkan mereka menyanyikan lagu Padamu Negeri. Mereka dengan keterbatasan waktu untuk berlatih dan menyiapkan segalanya sungguh berdedikasi tinggi. Berlatih di antara kegiatan bekerja dan kuliah. Komunitas Indonesia di Pittsburgh ini menyatu guyub rukun dari semua kalangan termasuk para mahasiswa yang sedang menyelesaikan kuliah di sini.

Indonesia menjadi penampil terakhir dan penutup acara World Square. Penonton warga Pittsburgh dan sekitarnya memadati depan panggung saat musik mulai dilantunkan. Mereka juga terpukau dengan tarian Saman. Yang seru adalah Indonesia tidak hanya tampil tapi juga berinteraksi mengajak bergoyang dangdut dan menari Poco-poco bersama di akhir acara.