ChatGPT, chatbot gratis yang dirilis pada November 2022 oleh perusahaan riset kecerdasan buatan (AI) OpenAI, telah menggemparkan internet. Dalam bulan-bulan pertama keberadaannya, ChatGPT menginspirasi pengguna, termasuk menggunakan ChatGPT untuk menegosiasikan tiket parkir, membuat rencana olahraga, dan bahkan membuat cerita pengantar tidur untuk anak-anak. 

Beberapa pakar kecerdasan buatan percaya bahwa ChatGPT dapat merevolusi cara manusia berinteraksi dengan chatbot dan AI secara lebih luas.

Apa itu ChatGPT?

Seperti dirangkum dari berbagai sumber oleh KABARI, sederhananya ChatGPT adalah model AI yang terlibat dalam dialog percakapan. ChatGPT  merupakan contoh chatbot , mirip dengan layanan obrolan otomatis yang ditemukan di situs web layanan pelanggan beberapa perusahaan.

ChatGPT dikembangkan oleh OpenAI, sebuah perusahaan riset teknologi yang didedikasikan untuk memastikan bahwa kecerdasan buatan bermanfaat bagi seluruh umat manusia. GPT di ChatGPT mengacu pada “Generative Pre-training Transformer,”  mengacu pada cara ChatGPT memproses bahasa.

Namun, apa yang membedakan ChatGPT dari chatbots selama beberapa dekade terakhir adalah bahwa ChatGPT dilatih menggunakan pembelajaran penguatan dari umpan balik manusia (RLHF). RLHF melibatkan penggunaan pelatih AI manusia dan model hadiah untuk mengembangkan ChatGPT menjadi bot yang mampu menantang asumsi yang salah, menjawab pertanyaan lanjutan, dan mengakui kesalahan.

Bagaimana ChatGPT Menghasilkan Uang

OpenAI, perusahaan yang membuat ChatGPT, belum memonetisasi ChatGPT dalam skala luas. Versi gratis ChatGPT tetap tersedia di situs web OpenAI mulai 23 Februari 2023. Namun, perusahaan menjual antarmuka pemrograman aplikasi secara berlangganan ke organisasi yang ingin menggunakan model tersebut untuk tujuan mereka sendiri

Pada 1 Februari 2023, OpenAI mengumumkan akan meluncurkan versi percontohan dari paket langganan berbayar yang disebut ChatGPT Plus seharga $20 per bulan. Pelanggan akan menerima manfaat termasuk akses ke ChatGPT selama waktu puncak, waktu respons lebih cepat, dan akses prioritas untuk peningkatan dan fitur baru.

Perusahaan mengatakan paket berbayar ini tersedia di AS dan pengguna akan diundang dari daftar tunggu “selama beberapa minggu mendatang.” OpenAI akan memperluas akses ke bagian dunia tambahan dari waktu ke waktu.

Keberhasilan viral ChatGPT bisa sangat berharga bagi OpenAI, yang didirikan bersama oleh Elon Musk. Dalam seminggu peluncurannya, model tersebut telah memperoleh satu juta pengguna. Dan dua bulan setelah ChatGPT dirilis, OpenAI meningkatkan kemungkinan untuk menjual saham yang ada dalam penawaran tender yang akan menempatkan nilai perusahaan sekitar $29 miliar , menjadikannya salah satu perusahaan rintisan paling bernilai .

Manfaat ChatGPT

Seperti disebutkan, ada banyak kegunaan potensial untuk ChatGPT. Mulai dari fungsi tipe chatbot yang lebih langsung dan kemungkinan pengguna akan menjelajahi sejumlah cara lain yang mungkin untuk memanfaatkan teknologi ini di masa mendatang, termasuk di mesin telusur.

Sementara chatbots telah ada selama bertahun-tahun, ChatGPT dipandang sebagai peningkatan signifikan dalam kejelasan, fluiditas, dan ketelitian model sebelumnya. Salah satu kecanggihan ChatGPT yang disediakan oleh OpenAI mencakup perintah yang dirancang untuk mengelabui bot: menanyakan kapan Christopher Columbus (seharusnya) datang ke Amerika Serikat pada tahun 2015. Tanggapan ChatGPT dengan mudah menghindari jebakan tersebut, mengklarifikasi bahwa sementara Columbus tidak datang ke AS pada tahun 2015, itu dapat menunjukkan beberapa cara dia mungkin bereaksi terhadap kunjungannya jika dia melakukannya.

Kekurangan ChatGPT

OpenAI mencantumkan beberapa batasan ChatGPT. Ini termasuk bahwa ChatGPT terkadang menulis pernyataan yang koheren tetapi salah, membuat asumsi tentang kueri yang ambigu, dan bahwa model cenderung terlalu bertele-tele, di antara masalah serupa.

Pada minggu-minggu pertama rilis publiknya, ChatGPT menjadi berita utama karena dugaan penggunaannya di kalangan siswa dalam membuat makalah dan tugas yang ditulis dengan AI.

Kekhawatiran tentang penyalahgunaan ChatGPT untuk kecurangan akademik tumbuh cukup besar sehingga seorang mahasiswa ilmu komputer di Universitas Princeton membuat aplikasi yang dirancang untuk mengidentifikasi dan mengekspos tulisan yang dibuat oleh bot.

Bagi sebagian orang, ChatGPT menimbulkan risiko tambahan dan lebih serius. Misalnya, beberapa analis memperkirakan bahwa bot dapat digunakan untuk membuat malware dan serangan phishing menjadi lebih canggih, atau peretas dapat memanfaatkan teknologi tersebut untuk mengembangkan model AI mereka sendiri yang mungkin kurang terkontrol dengan baik. Karena kekhawatiran tentang informasi yang salah berkembang biak, beberapa orang sangat sensitif terhadap kemungkinan bahwa ChatGPT dapat digunakan untuk membuat dan membagikan materi politik yang meyakinkan tetapi menyesatkan.

Perkembangan Terkini

Pada Januari 2023, Microsoft Corp. ( MSFT ) mengumumkan akan menginvestasikan $10 miliar pada pembuat ChatGPT, OpenAI. Raksasa teknologi itu dapat menggunakan teknologi yang mendasari ChatGPT untuk memungkinkan perusahaan lain membuat chatbot khusus mereka sendiri. ChatGPT juga dapat membantu merevitalisasi mesin pencari Bing Microsoft.

Perusahaan teknologi berfokus pada penggunaan ChatGPT dan chatbot lanjutan serupa sebagai pengganti model pencarian tradisional, dengan satu visi untuk masa depan chatbots yang menyatakan bahwa mereka akan dapat memberikan respons definitif tunggal untuk permintaan pencarian, daripada permintaan pencarian besar. daftar tautan ke situs web.

Langkah Microsoft menuju pencarian berbasis ChatGPT adalah salah satu ancaman bagi mesin pencari Google Alphabet Inc. ( GOOG ) senilai $149 miliar. Eksekutif alfabet dilaporkan telah menanggapi berita tentang ChatGPT dan potensinya untuk menghentikan proses pencarian informasi secara online dengan mengeluarkan “kode merah” dan mengalihkan sumber daya ke pengembangan AI. Google diperkirakan akan mengungkap hampir dua lusin produk baru berbasis AI pada tahun 2023.

Google juga meluncurkan chatbotnya sendiri untuk menyaingi ChatGPT secara langsung. Disebut Bard, chatbot perusahaan menggunakan model bahasa Lamda yang sudah ada sebelumnya.

Microsoft telah bergerak cepat untuk mulai mengintegrasikan ChatGPT ke dalam penawarannya. Pada 1 Februari, perusahaan mengumumkan versi premium dari layanan Teams yang didukung oleh chatbot. Layanan ini akan tersedia seharga $7 per bulan pada bulan Juni dan $10 per bulan mulai bulan Juli. Versi Teams yang ditingkatkan akan menggunakan ChatGPT untuk membuat catatan rapat, membuat template, dan merekomendasikan tugas.

Sumber foto: engadget.com

Baca Juga: