Setelah berhasil lulus seleksi dan menjadi salah satu awardee Beasiswa Mora Overseas Student Mobilities Award (MOSMA) 2023, Jihan Al Humairoh, mahasiswa Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, mewujudkan impiannya kuliah di Amerika Serikat.

Mahasiswi semester lima Program Studi Sastra Inggris ini kini tengah menjalani kuliah selama satu semester di Columbia University, salah satu kampus ternama di New York City, Amerika.

Jihan Al Humairoh bergabung dalam perkuliahan di Columbia University sejak September 2023 dan akan menyelesaikan studinya pada akhir Desember mendatang.

Ia berbagi pengalaman berharganya selama menjalani kuliah di Amerika.

“Pengalaman kuliah di sini bisa sangat menantang bagi saya. Mahasiswa dituntut banyak membaca”, ujarnya.
Jihan juga mengatakan bahwa setiap minggu, mahasiswa memiliki ‘assigned reading’ yang nantinya akan didiskusikan bersama di dalam kelas. Hal ini, baginya sangat melatih kemampuan komprehensif dan pemikiran kritis sebagai mahasiswa, serta meningkatkan kepercayaan diri untuk berpartisipasi dalam diskusi kelas.

“Melalui ‘assigned reading’, kami juga dituntut untuk berpikir kritis, dan aktif dalam berdiskusi”, imbuhnya.
Tak hanya tentang keaktifan selama di kelas, Jihan juga membagikan pengalamannya tentang dunia Literasi yang diterapkan di kampusnya itu. Ia menjelaskan bahwa ia terus terpapar dengan jurnal, artikel, dan buku berkualitas, dan berkesempatan untuk bertukar pendapat dengan mahasiswa Columbia University dalam diskusi kelas.

“Awalnya saya menghadapi tantangan di pekan awal perkuliahan. Namun, kini saya merasa lebih mampu beradaptasi dengan sistem perkuliahan yang berbeda”, tuturnya dengan semangat.

Columbia University, sebagai salah satu dari 8 universitas Ivy League, menempati peringkat ke-22 dari seluruh universitas di dunia berdasarkan QS Ranking 2023. Sebagai mahasiswa Sastra Inggris, Jihan telah memilih beberapa mata kuliah di Columbia University yang sesuai dengan minat dan jurusannya, termasuk The Eighteenth Century Novel, Beginning Fiction Workshop, dan Linguistic Study.

Jihan Al Humairoh berharap bahwa kedepannya akan lebih banyak mahasiswa dari Universitas Islam Negeri Malang yang tertarik untuk mengikuti program ini dan menjadi awardee MOSMA di tahun-tahun mendatang, sehingga dapat mengharumkan nama universitas dan Indonesia di kancah internasional.

Ia menyampaikan terima kasih kepada kedua orang tuanya, Kaprodi Sastra Inggris, Ribut Wahyudi, M.Ed., Ph.D., Wakil Kaprodi Sastra Inggris serta dosen pembimbing Pak Edy Thoyib, M.A., serta teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam perjalanan akademisnya.

Keberhasilan Jihan Al Humairoh ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa UIN Malang dan mahasiswa Indonesia lainnya untuk mengejar prestasi di tingkat internasional dan meraih impian kuliah di luar negeri.

Sumber foto: uin-malang.ac.id

Baca Juga: