Kafe di Medan ini cukup unik. Bahkan menjadi satu-satunya kafe di Kota Medan yang memiliki konsep ini. Ya! Lavaz Kopi namanya, kafe yang terletak di jalan Perjuangan, Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan, menawarkan konsep kafe seperti layaknya Penjara atau Lembaga Pemasyarakatan lengkap dengan teralis. 

Bukan tanpa sebab, konsep Lapas diusung oleh pengelola kafe untuk memberikan pengalaman  santap-santap yang beda bagi mereka yang datang selain juga memberikan edukasi  bahwasanya masyarakat itu bisa melihat dan merasakan dibalik jeruji besi tanpa harus masuk ke dalam Lapas.

“Banyak kafe-kafe yang  konsepnya itu industrial, jadi kita membuat kafe bertema penjara ini supaya berbeda dengan café atau resto lainnya,” kata Wahdan Choir Nasution selaku pengelola kafe kepada KABARI.

Lavaz Kopi yang berada di Kota Medan ini merupakan cabang dari Kisaran, Kabupaten Asahan. “Cabang pertama  ada di Kisaran dan sudah berdiri dari tahun 2017. Sama dengan cabang lainnya, kita concern terhadap konsep penjara.”

Wahdan mengatakan konsep penjara di kafe ini mengambil gaya Lapas yang ada di Amerika Serikat. “Konsepnya seperti penjara di Amerika Serikat,  kalau dilihat dari luar itu mereka ada semi industrial, ada taman, kantor lapasnya di luar dan kantor penjaranya di dalam,” ujarnya.

Ke depannya Lavas Kopi rencana akan membuka cabang di beberapa tempat seperti di Pekan Baru dan Dumai dengan konsep penjara namun dengan model yang berbeda.

Adapun menu-menu yang ditawarkan Lavas Kopi mengambil nama yang unik juga seperti Nasi Goreng lavas,  dan menu unggulan seperti Monster Oreo, Manggo Mania, dan beragam menu minuman semisal minuman khas Jogja, wedang uwuh plus kopi dan Live Musik tentu saja.

Nah, sejauh ini respon dari warga Medan, menurut Wahdan cukup baik.  Tak sedikit juga pelanggan yang datang dari luar kota Medan. Bahkan ada pelanggan yang datang dari negeri tetangga seperti Malaysia.  “Banyak yang tanya kapan buka cabang yang baru. Dari situ membangun semangat kita untuk buka cabang lainnya,” tuturnya.

“Semoga kafe Lavas ini semakin berjaya, tambah sukses dan banyak pelanggan yang datang dan kami akan terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi mereka,” pungkas Wahdan.

Artikel ini juga dapat dibaca di Majalah Digital Kabari 187

Baca Juga: